Cat!

Baru saja saya dan suami berdebat "agak panas", lagi-lagi mengenai perbedaan kebiasaan kami. Kebiasaan keluarga saya yang selalu bersih (maklum, kedua orang tua saya adalah dokter) dilawankan dengan keluarga suami yang santai soal kebersihan. Suami saya adalah seorang pecinta berat kucing. Sedangkan saya tidak pernah punya binatang peliharaan, kecuali ikan, itupun ikan kecil-kecil yang kalau mati, tinggal beli lagi. 

Masalahnya sejak dulu orang tua saya memberi tahu saya banyak hal tentang kesehatan, termasuk bahwa kucing merupakan pembawa virus toksoplasma yang berbahaya bagi wanita (nantinya jika dia hamil). Tapi saya juga tahu bahwa banyak orang yang berprofesi dokter pun memelihara kucing, karena memang kucing bisa divaksin, dirawat dengan baik, sehingga meminimalkan risiko itu.

Dari dulu saya sudah sadar bahwa kecintaan suami saya ini akan sulit untuk dihilangkan, dan saya juga sadar saya akan menjadi egois apabila saya memintanya untuk tidak memelihara kucing lagi. Jadi saya mengeluarkan satu pernyataan, bahwa kalau memang mau memelihara kucing, harus dipelihara dengan baik dan menjaga kesehatannya, harus disiplin dengan kebersihannya, tidak bisa setengah-setengah. Kalau memang tidak mau atau malas merawatnya, lebih baik tidak usah pelihara, karena saya sendiri tidak bisa memelihara binatang.

Akhirnya dia membeli dua ekor kucing anakan persia yang kemudian ditaruh di rumah keluarganya. Keluarganya sangat senang dengan kehadiran dua kucing itu. Saya tidak ambil pusing. Kemudian hari ini tadi dia lagi-lagi membeli dua ekor kucing anakan persia lagi, dengan niat mau dijual nantinya. Inilah yang membuat saya jadi bete. Entahlah saya merasa, dia yang sudah cukup sibuk dengan pekerjaan dan usaha sampingannya, masih saja membeli sesuatu yang juga akan membutuhkan perhatiannya. Saya sangat tidak suka jika orang membeli sesuatu (apalagi makhluk hidup) tapi kemudian menelantarkannya. Bagi saya, lebih baik saya tidak membelinya sekalian. Namun sepertinya itulah yang berbeda dari kami berdua.

Saya sadar pasangan suami istri tentulah banyak perbedaan kecil dan yang dulunya dianggap sepele oleh pasangan-pasangan yang belum menikah dan dimabuk cinta :) 
Semoga kami berdua terus bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada..

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives