Ujian

Memanglah benar bahwa hidup ini adalah suatu ujian sebagai manusia, baik itu berupa kesenangan maupun kesedihan. Begitu pula pernikahan, ia merupakan salah satu bagian dari ujian dalam hidup kita.


Menemukan pasangan yang terbaik untuk kita, itu saja juga sudah merupakan perjalanan panjang penuh dengan ujian. Perjalanan setelah menikah pun merupakan suatu ujian.
Pernikahan adalah menyatukan dua pribadi berlainan jenis yang juga sangat berbeda dalam segala hal, mulai dari kebiasaan sehari-hari, latar belakang keluarga, pendidikan, lingkungan bahkan mungkin sampai beda bangsa. Oleh karena itu di Islam, tidak diperbolehkan untuk menikah dengan berbeda agama. Saya pikir ini merupakan hal yang paling tepat, karena dari begitu banyak perbedaan yang ada pada dua diri pasangan, haruslah ada satu hal prinsipil yang menyatukan mereka. Persyaratan minimal itu adalah agama. Apakah dengan sama agamanya, maka pernikahan juga bebas dari ujian? Tentu tidak. Setelah agamanya sama, maka pasangan yang menikah itu haruslah mempunyai tujuan hidup dan berkeluarga yang sama dan sejalan berdasarkan agama.

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives