Kriteria

Saat ini sangat mudah dijumpai perempuan lajang di atas usia 30 tahun di kota-kota besar. Sebagian mungkin merasa sudah nyaman dengan kondisi melajangnya, bisa bebas tanpa tanggungjawab. Sebagian yang lain merasa pernikahan bukanlah suatu kewajiban, hanyalah suatu status sosial. Dan sebagainya. Namun ada juga yang memang merasa belum mendapatkan jodohnya.

Saya teringat pertanyaan seorang teman saya, yang kebetulan juga sudah berusia kepala 3 dan masih lajang, "kenapa kamu mau sama Adi? Padahal aku yakin kamu bisa dapat cowok yang lebih cakep".
Saya cuma tersenyum, karena bukan sekali itu dia mengajukan pertanyaan itu. Teman saya ini adalah seorang perempuan cantik, dengan orang tua yang sangat terpandang di kota saya, sangat berkecukupan dan merupakan penggambaran perempuan metropolis.
Dalam hati saya cuma merasa bahwa standar yang digunakan oleh teman saya ini rupanya mengandalkan kriteria fisik dan materi saja.

Dan saya rasa, dia bukan satu-satunya orang yang berpikiran demikian. Kalau saya pribadi, kriteria utama adalah harus satu agama dengan saya, dan harus memahami agamanya lebih baik daripada saya. Dari situ, pastilah akan muncul kriteria seorang muslim yang baik, misalnya bertanggungjawab, mau bekerja keras, dll. Ammiiinn...

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives