Thursday, July 15, 2010

Wedding Ring

Baru saja saya mendapat pertanyaan dari salah seorang teman saya. Dia meminta saran dimana membeli wedding ring emas putih. Saya jadi teringat pengalaman saya saat berburu wedding ring. Saat itu saya berdebat dengan calon suami saya mengenai emas putih. Pada dasarnya saya kurang suka perhiasan, apalagi yang berwarna kuning. I think it's too girlie and too much :)
Selain itu, harga emas putih lebih mahal daripada emas kuning. Waktu itu, mama saya yang menjelaskan berdasarkan pengalaman beliau, ada dua jenis cincin emas putih yang beliau beli. Yang satu benar-benar berwarna putih meskipun sudah lebih dari dua tahun digunakan. Sedangkan yang satu lagi awal beli berwarna putih, namun kurang dari 1 tahun digunakan, warnanya memudar menjadi kekuningan. Meskipun demikian mama saya tidak bisa menjelaskan apa sebenarnya emas putih dan apa bedanya dengan emas kuning. 
Namun saya mulai benar-benar berburu wedding ring adalah sekitar 6 bulan sebelum menikah dan sayangnya saat itu mama saya sudah meninggal, belum lagi saya disibukkan oleh tesis S2 saya. Jadilah saya tidak bisa mencari referensi yang benar tentang emas putih.
Waktu itu saya berprinsip, ada jenis toko yang menjual emas putih tapi sebenarnya adalah emas kuning yang disepuh putih. Dan ada toko yang benar-benar menjual emas putih yang tidak akan memudar. Jadi saya berusaha menjelaskan sebisanya kepada calon suami saya...
Sekarang setelah teman saya bertanya, saya jadi tergelitik lagi untuk mencari referensi yang benar. 
Jadi sebenarnya:
Yang disebut logam emas sebenarnya adalah berwarna kuning, namun untuk digunakan sebagai perhiasan, tidak mungkin menggunakan logam emas murni karena kalau murni 24 karat, sifatnya terlalu lembut alias lembek. Sehingga untuk perhiasan, logam emas selalu dicampur dengan logam lain, seperti perak, nikel dan paladium.
Nah untuk menghasilkan emas yang berwarna putih, proporsi logam emas lebih kecil daripada logam lain yang dicampurkan, misalnya nikel, paladium atau rhodium. Harga dari logam campuran itulah yang berbeda-beda, misalnya nikel lebih murah daripada rhodium.
Kebanyakan orang juga dibingungkan dengan platinum. Padahal emas putih berbeda dengan platinum. Platinum merupakan logam mulia lainnya. Namun platinum sulit untuk didapatkan. Selain itu platinum juga terlalu keras untuk dibentuk sebagai perhiasan. Sehingga harganya juga jauh lebih mahal. Kelebihannya, platinum sangat bagus untuk dipasangkan dengan berlian, karena sifatnya yang keras.
Namun, beberapa toko perhiasan menyebut emas putih adalah emas kuning yang disepuh (bukan dicampur secara proporsional untuk menghasilkan warna tertentu) dengan rhodium. Nah, emas putih yang jenis inilah yang seringkali dikeluhkan karena warnanya menjadi kekuningan. Kalau emas putih yang dicampur secara proporsional biasanya tidak akan menjadi kekuningan, hanya warnanya agak buram setelah pemakaian beberapa tahun, sama seperti perhiasan emas kuning lainnya.

Referensi: whitegold turn yellow, whitegold, goldcolor

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review