Wednesday, September 22, 2010

Living-with-parents couple

Setelah menuliskan beberapa post di blog ini hari ini, aku jadi mulai concern terhadap satu issue. Living-with-parents couple. Aku sempat browsing di internet mengenai topik ini. Ternyata kebanyakan yang membahas issue ini berasal dari luar negeri (atau mungkin aku belum menemukan yang di Indonesia ya?).

Namun dari hasil browsing-cepatku itu sekilas aku menyimpulkan bahwa untuk sebagian pasangan bule yang sudah menikah, tinggal bersama orang tua merupakan suatu hal yang tabu alias tidak menyenangkan. Meskipun secara obyektif, ada juga ulasan dari the New York Times bahwa hal itu merupakan solusi terbaik, terutama pada masa resesi seperti yang terjadi di Amerika.

Pendapat yang kontra "living with parents" menyatakan bahwa banyak hal tidak bisa dilakukan alias mereka merasa tidak bisa bebas, misalnya tidak bisa melakukan seks dimanapun mereka mau (ya iyalah...). Ada juga yang menyatakan bahwa menantu akan merasa teralienasi dengan kebudayaan atau kebiasaan yang sudah terbangun di keluarga itu. Selain itu orang tua cenderung akan menganggap anaknya masih seorang anak (belum cukup dewasa bagi mereka), meski anaknya tersebut sudah menikah dan harus bertanggungjawab terhadap keluarganya sendiri.

Sedangkan yang pro antara lain menyatakan, mereka bisa menjadi lebih dekat dengan keluarga, bahkan juga mendekatkan antara grandparents dan cucunya. Mereka juga menyatakan bahwa bagi pasangan yang belum stabil secara finansial, tinggal dengan orang tua merupakan solusi terbaik. Alasan lain, pasangan muda bisa terus mengejar karir, dengan anak mereka yang dirawat oleh kakek-neneknya.

Sedangkan di Indonesia tidak banyak yang membahasnya, mungkin karena budaya di Indonesia sudah biasa kalau suatu keluarga besar (extended family) tinggal di sebuah rumah. Bahkan jika rumah itu sangat sederhana. Ditambah lagi ada pepatah di Jawa "mangan ora mangan, sing penting kumpul".

Apapun alasannya, semua keputusan memang ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review