Surgery (part 2)

Selesai operasi di hari kamis jam 08.30, waktu serasa berjalan sangat cepat. Karena efek bius dan obat tidur masih belum hilang, aku sering tertidur hari itu. Yang aku ingat, aku masih nggak boleh minum dan makan sampai jam 12 siang. Dan baru boleh makan jam 3 siang. Itu semua karena gerakan peristaltik-ku sempat terhenti karena bius spinal. Jadi dikhawatirkan ususku belum mampu menerima asupan makanan, yang bisa berakibat muntah.

Alhamdulillah aku nggak merasakan pusing atau mual sedikitpun sejak selesai operasi. Aku rasa tubuhku lumayan fit untuk menjalani operasi ini. Hari kamis itu, ada bapakku, budhe Endah dan budhe Indit (dari bogor). Meskipun aku seringkali tertidur, tapi aku sempat mendengar berita buruk, bahwa anak budhe Indit keguguran. Tentu aja budhe Indit sedih, karena beliau di surabaya nungguin aku operasi, eh malah anaknya sendiri juga keguguran.

Siangnya budhe Wiwik dan pakdhe Ridwan datang, tapi cuma sebentar. Mungkin karena ngeliat aku sering tertidur. Selama aku dirawat di RS, suamiku nggak pernah meninggalkanku. Memang sebelumnya aku sudah meminta untuk jangan meninggalkan aku.

Hari berikutnya berjalan cukup cepat. Di RS hampir setiap jam dikasih makanan dan snack.
Rasa yang nggak enak cuma dari bagian perutku, karena aku sulit untuk pipis dan pup. Kalau pipis sudah bisa keluar tapi sangat sedikit sekali, mungkin karena sudah terbiasa pakai kateter. Untungnya kateter cuma terpasang satu hari aja. Aku baru berhasil pup hari sabtu, setelah minum susu langsung dua kotak (seperti yang disarankan dr. Hari), meski sebenarnya hari jum'at aku juga sudah minum susu banyak.


Hari sabtu aku pulang ke rumah jam 11 siang, sempat sebal karena maxi dress-ku ga dibawa suamiku. Akhirnya menunggu bapak bawain dari rumah. Alhamdulillah waktu menunggu itu, ada petugas administrasi RS yang mengembalikan sebagian biaya perawatan. Selain itu dr. Hari nggak mau dibayar sama sekali. Jadi dari total perkiraan biaya 19 juta (belum termasuk obat dan pemeriksaan lab, kalau ada), yang dibayar suamiku adalah 7,3 juta. Alhamdulillahirabbil'alamin...

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives