Hot

Caution: the content might be considered taboo for some people, but I write it from health perspective. It would be useful for some people too.


Beberapa hari yang lalu, aku dan suamiku berhubungan suami istri. Sejak hamil, kuret kemudian operasi, itu adalah kedua kalinya. Yang pertama, ada efek keesokan harinya. Perut bagian bawahku sangat sakit, sampai aku membungkuk2 saat berjalan. Selain itu, dua hari berikutnya aku sulit pipis lagi. Tapi waktu kontrol ke dr. Hari, beliau bilang semua normal. Mungkin cuma akunya aja yang tegang. Memang waktu itu aku masih agak takut karena baru 2 minggu paska operasi. Meski sebenarnya dr. Hari sudah bilang nggak papa kalau mau berhubungan.

Kemudian yang kedua, beberapa hari lalu, sama aja, aku masih agak tegang, jadi sampai terasa sakit. Entah karena aku yang tegang atau memang karena sudah lama nggak berhubungan, jadinya terasa sakit. Sampai akhirnya aku nangis...hehe... Tapi alhamdulillah keesokan harinya nggak ada rasa apa2.

Keesokan harinya aku penasaran, ada apa dengan aku ini? Akhirnya aku menemukan satu diagnosis yang mungkin aku alami, yaitu vaginismus. Vaginismus ada dua, yaitu primer dan sekunder. Kemungkinan aku yang sekunder, karena kalau primer, sejak pertama berhubungan sudah merasa sakit dan nggak pernah merasa enak. 
Sedangkan aku kemungkinan karena ada trauma dengan rasa sakit yang dulu pernah aku rasakan, ternyata karena ada endometriosisnya, kemudian sampai operasi segala. Jadi di bawah sadarku aku berpikiran kalau berhubungan itu identik dengan sakit. Makanya ada semacam trauma.

Semoga setelah aku menemukan penyebabnya ini, aku bisa mengatasinya..

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives