Enjoying The Bitter-Sweet Process

Kemarin sore, temanku yang berangkat ke Bintuni no. 1 sudah sampai di Surabaya. Melihat temanku itu aku ikut senang, sangat senang malah. Akhirnya pulang juga, itu yang ada di pikiranku. Tapi itu malah membuat aku merasa kenapa aku haru berangkat juga. Rasanya malas sekali untuk berangkat. Maunya langsung pulang aja :p
Yang bikin aku malas memang perjalanannya yang memakan waktu 2-3 hari, karena harus transit di 2 kota.

Mulai kemarin malam aku diare, sepertinya aku mulai stres. Entahlah..

Padahal aku tahu, akan selalu ada proses, yang manis maupun pahit untuk mendapatkan suatu hasil yang baik. Kadang kita hanya mau menjalani proses yang manis saja dan langsung mendapatkan hasil yang bagus. Kita maunya melewati proses yang pahit, just skip it all the time.  

Kadang aku berpikir kalau kita nggak bisa menikmati semua proses dalam hidup ini, terutama menikmati proses yang pahit dan kita maunya skip proses yang pahit itu, langsung menuju hasil yang baik, sweet result/moments, kita tiba2 akan menjadi tua!

Contohnya, waktu sekolah, kita ingin cepat2 nggak pakai seragam atau ke suatu masa dimana kita dianggap dewasa dan diperbolehkan pacaran. Sampai di masa kuliah, rasanya ingin cepat2 bekerja karena merasa capek untuk belajar/ujian lagi. Saat bekerja, kita ingin langsung mendapatkan posisi/jabatan yang bagus tanpa mau melewati ujian sebagai staf pelaksana yang harus lembur. Saat belum menikah, ingin segera menikah tanpa mau melewati usaha2 yang pahit. Saat menikah, ingin segera punya anak tanpa memperhitungkan lain2nya. Dan seterusnya. 


Setiap orang pasti pernah merasakan seperti itu, meski dengan keinginan yang berbeda. Tiba2 saja kita sudah tua!
Sekarang aku berusaha menikmati proses yang satu ini. Meski berat rasanya, insyaAllah aku terus berusaha.


Post a Comment

Designed by FlexyCreatives