Eid Mubaraak!

Eid Mubaraak, everyone!

Meski aku mengikuti keputusan pemerintah, Idul Fitri dilaksanakan Rabu 31 Agustus 2011, tapi cukup banyak juga yang merayakannya hari ini: Selasa 30 Agustus 2011.

Sebenarnya tahun2 lalu juga seringkali seperti itu. Terutama untuk golongan Muhammadiyah. 
Pemerintah juga baru melaksanakan sidang isbath tadi malam atau Senin 29 Agustus 2011 jam 19.00 WIB.

Menurutku hal ini sangat membingungkan masyarakat awam, terutama seperti aku. Yang lebih membuat kesal adalah ada beberapa kabar yang simpang siur, terutama melalui BlackBerry Messenger Broadcast, yang mengabarkan bahwa Malaysia (yang notabene bertetangga secara geografis) merayakan Idul Fitri pada hari Selasa. Ada juga yang mengabarkan bahwa terlihat hilal di Jawa Barat pukul 22.00 WIB. Ada lagi yang menyebutkan bahwa pemerintah RI menyatakan permintaan maaf dan mengakui bahwa Idul Fitri seharusnya memang jatuh pada hari Selasa. Tentu saja ini membuat orang yang memilih merayakan Idul Fitri pada Rabu menjadi bingung, karena pada hari Selasa kami masih berpuasa.

Yang membuat semakin sebal adalah, beberapa orang meng-copy paste berita tersebut dan broadcast ke seluruh kontaknya. Seakan2 berita tersebut benar. Padahal aku tidak melihat berita tersebut di tv.

Dengan semakin canggihnya teknologi, begitu cepatnya berita tersebar, bahkan untuk berita yang belum jelas kebenarannya.
Aku pribadi, dari awal mengikuti hadist Rasulullah (yang aku tahu) bahwa sebaiknya pelaksanaan Idul Fitri mengikuti keputusan pemerintah, hal ini disebabkan karena hari raya Idul Fitri merupakan ibadah secara masyarakat, yang mempunyai dampak pada masyarakat luas.
Kalaupun negara lain memutuskan berbeda dengan negara kita,mungkin saja posisi geografis juga mempengaruhi penampakan hilal. Wallahu'alam bisshawab.


My lil sis and me :)

Me and my father

My lil sis and her brother-in-law a.k.a. my hubby

My hubby and me
Anyway, selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1432H. Taqobalallahu minna wa minkum, semoga Allah menerima semua amal ibadah kita selama Ramadhan, dan kita dipertemukan lagi dengan Ramadhan tahun depan. Amiin ya Rabbal'alamin..

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives