My First Cooking

Finally...........I cooked!

Butuh waktu total 2 jam untuk memasak, mulai dari merebus daging, menyiapkan dan menghaluskan bumbu. Kemarin sepulang kerja (untung pulang lebih cepat), aku membeli bahan2 yang diperlukan yang belum ada di rumah, yaitu lengkuas, ketumbar, daging, ayam, kecap asin & kecap inggris (tiga terakhir untuk masakan berikutnya ;) ).

Bumbu empal goreng setelah dihaluskan
Ternyata susah juga mencari lengkuas, well...karena aku nggak bisa membedakannya dari jahe, kencur, dkk. Sudah begitu, tulisannya berada di papan atas, bukan menempel pada bendanya :(
Begitu juga waktu membeli daging, sebenarnya sudah ada potongan daging yang bertuliskan daging empal, tapi jumlahnya sangat sedikit, mungkin sekitar 3 potongan kecil yang tentu saja nggak cukup untuk 5 orang.

Waktu aku tanya ke penjaganya, untuk daging yang agak besar untuk empal, dia menyarankan daging gandik, padahal setahuku bapakku selalu beli daging lulur dalam (tenderloin). Alasannya tenderloin terlalu lembut untuk empal, lebih cocok untuk bakaran, misalnya steak atau barbecue.

Singkat cerita, inilah hasilnyaaa!
Final result!





Selesai masak baru jam 10 pagi, jadi suamiku sudah berangkat kerja. Untungnya dia ketinggalan sesuatu, jadi pulang lagi ke rumah. Dia sempat mencicipi empal buatanku. Katanya enak :)





Target masakanku berikutnya adalah ayam goreng saus mentega. Ini resepnya:
Ayam Goreng Mentega
Bahan:
Ayam ½ ekor dipotong2 ukuran sedang.
Mentega.
Kecap manis 2 sdm
Kecap asin 2 sdm
Kecap inggris 1sdm
Jeruk limau 1 bh
Bawang putih 3 siung di haluskan.
Merica putih secukupnya.
Garam secukupnya.
Cara:
Ayam dibersihkan potong ukuran sedang dilumuri dengan garam dan merica, diamkan 15 menit, lalu ayam digoreng sisihkan.
Lumerkan mentega di wajan dengan api sedang tumis bawang putih sampai harum
masukan potongan ayam goreng aduk2 lalu masukan kecap manis, kecap asin, kecap inggris, merica aduk2 sampai mengental, angkat dan sajikan dengan perasan jeruk limau diatasnya.

Wish me luck!

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives