Vanishing Twin Syndrome

Finally, last night I had my USG result printed out.


Ini pertama kalinya juga suamiku ikut lihat proses USG-nya. Sebelum2nya dia cuma menunggu di ruang konsultasi dokter (ruang USG & konsul memang terpisah tapi terhubung oleh pintu).
Suamiku sangat takjub melihat hasil USG di layar, karena sudah mulai terlihat tangan dan kaki si baby. Tangan dan kakinya terlihat bergerak2.

Sementara itu, dr. Hari juga menyatakan bahwa kantung satunya (yang awalnya kosong, nggak ada fetus-nya), sekarang sudah mulai mengempes. Aku sedih. Meskipun aku sudah memprediksi sebelumnya, karena aku sudah banyak browsing. Namanya Vanishing Twin Syndrome.


Itu merupakan suatu kondisi dimana salah satu dari janin kembar tiba2 menghilang pada trimester pertama. Kondisi itu nggak berbahaya. Justru berbahaya kalau hilangnya pada trimester kedua atau ketiga.

Setelah itu, suamiku masih sangat antusias dengan calon anaknya yang bisa bergerak2, sedangkan aku masih sedih memikirkan hilangnya satu janinku.
Suamiku memarahi aku, karena seharusnya aku bersyukur janin satunya masih sehat dan aktif. Aku juga tahu itu, tapi entahlah....aku sadar itu, tapi juga membiarkan perasaanku berjalan alami.

Semoga aku dan calon anakku selalu sehat sampai kelahirannya dan seterusnya. Amiinn...

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives