Exhausted!

Genap 2 minggu tanpa pembantu, aku merasa sangat capek sekali. Bahkan sejak kemarin malam aku merasa sakit kepala yang dibarengi dengan pundak dan leher yang kaku. 

Berikut ini kegiatan yang harus dilakukan di rumah setiap harinya (nggak selalu aku, bisa adik, bapak atau suamiku kalau ada waktu):
  1. Sapu-pel lantai 1
  2. Cuci piring kotor
  3. Cek-masak nasi
  4. Terima-menempatkan katering
  5. Terima/buka pintu saat ada tamu
  6. Cuci baju (4 orang)
  7. Jemur baju (4 orang)
  8. Beli lauk (kalau katering nggak cukup)
Sedangkan jadwal adikku harus kuliah jam 06.30, paling dia cuma bisa cek-masak nasi aja setiap harinya. Kadang kalau pas dia mau bangun lebih pagi, dia yang sapu-pel lantai 1. Sore dia bisa diminta tolong untuk mencuci baju dan angkat jemuran. Untungnya sejak minggu ini dia libur, meski nggak selalu ada di rumah.
Bapakku berangkat jam 08.30, bapak cuma buang sampah setiap pagi. Suamiku berangkat jam 07.45, nggak bisa apa2 sebelum berangkat, paling cuma angkat galon aqua (kalau pas habis) dan buang sampah (kalau belum dibuang bapak). Jadi bisa dibayangkan, sebagian besar pekerjaan itu aku yang melakukannya. Yang membuat aku semakin capek adalah kamarku di lantai 2, jadi kalau pas aku sendirian, dan aku sedang mengerjakan sesuatu di atas dan tiba2 ada orang datang, aku harus turun lagi ke bawah.


Sedangkan pekerjaan rumah yang HARUS aku yang melakukannya (setiap hari):
  1. Menyiapkan sarapan suami
  2. Sapu-pel kamar
  3. Bersih2 kamar
  4. Setrika baju (4 orang) (aku nggak kuat kalau setiap hari)

Selain pekerjaan rumah harian, ada juga pekerjaan yang (terpaksa) nggak aku lakukan setiap hari karena capek:
  1. Cuci-bersih2 mobil (dalam dan luar)
  2. Bersih2 rumah bagian lain, seperti garasi, teras, carport, dll cuma dilakukan bapak atau suamiku kalau senggang
Selain itu, aku juga tetap harus bekerja. Memang jam kerjaku fleksibel, selama ini aku ijin untuk datang siang, tapi jam pulangnya paling cepat setelah maghrib. Pekerjaanku sebagai konsultan memang nggak membutuhkan fisik terlalu banyak, sebagian besar duduk di kantor atau mengunjungi RS klien. Kemana2 aku juga masih nyetir sendiri.


Tapi sekarang aku sangat sangat capek. Bahkan setiap saat aku membunyikan sendi2 tangan dan kakiku, masih saja terasa capek. Fokus utamaku hanyalah aku nggak boleh stres, apapun yang terjadi. Mungkin karena rasa capekku ini juga, aku nggak merasakan gerakan bayiku lagi :( cuma 1x waktu pertama itu aja....


Berikan aku kekuatan ya Allah....

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives