Senam Hamil

Jujur saja, sebenarnya banyak hal yang ingin aku tuliskan. Banyak ide yang ingin aku lakukan, tapi sayangnya praktek lebih susah dari sekadar kata2.

Salah satu hal yang ingin aku tulis dari dulu adalah mengenai senam hamil. Aku pribadi ikut senam hamil sejak usia kandungan 7 bulan, tepatnya 29 minggu. Aku mengikuti kelas senam hamil di RS Putri Surabaya. Kenapa pilih di situ? Alasan terbesar karena jaraknya dekat rumah, yang kedua karena ada kelas di hari Sabtu, instead of Minggu, karena minggu malah sering ada acara keluarga.

Yang diajarkan di kelas tersebut adalah teknik pernapasan, relaksasi dan gerakan yoga (mungkin ya? aku kurang begitu paham gerakan yoga yg asli). Aku paling suka dengan ruangannya yang nyaman, dengan lampu yang warm, bau ruangan yang wangi tapi pas banget. enak deh..

Cuma kekurangannya adalah tidak tepatnya pelaksanaan senam hamil dengan jadwalnya. Jadwal seharusnya jam 10.30 WIB, tapi pada prakteknya kelas baru dimulai kalau peserta sudah penuh (sekitar 21 orang) yang itu bisa saja jam 11.30 baru mulai.
Jadi kalau mau datang tepat waktu, harus rela nungguin sampe kelas penuh. Atau kalau datang telat, siap2 kecewa kalau kelasnya sudah penuh. Seperti kejadian sabtu kemarin...pas suami lagi libur dan bisa antar senam hamil, eh malah kelasnya sudah penuh. Jadilah aku "terusir" :(

Apa manfaat yang aku rasakan setelah 4x mengikuti kelas senam hamil? Awal ikut memang terasa berat, sebenarnya gerakannya sih pelan semua, bahkan terkesan ringan, tapi mungkin karena yang melakukan adalah ibu hamil yang mana semua persendian jadi terasa sakit, jadinya kerasa berat. Apalagi aku pribadi mulai merasakan keluhan di bagian selangkangan sejak usia kandungan 27 minggu. Tapi seperti konsep olahraga dimanapun, lama kelamaan jadi enak kok.

Ada juga pendapat bahwa senam hamil hanya untuk yang mau melahirkan normal (secara aku diprediksi akan lahiran dengan SC alias sectio caesaria karena kelainan tulang belakangku di bagian lumbal). Tapi aku nggak setuju dengan pendapat itu. Menurutku senam hamil juga membawa manfaat selama kehamilan itu sendiri, bukan hanya untuk proses persalinan saja. Aku merasakan fisikku jadi lebih kuat dan lentur, lebih tahan dengan keluhan2 bumil selama masa kehamilan ini.

Jadi, meski senam hamil nggak wajib untuk dilakukan bumil, sebaiknya kalau memang ada kesempatan, ikut saja :)

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives