My 28th birthday and Ayra's 2 months old

woooww...sudah lama banget aku nggak update blog ini..emang aku masih cuti, tapi ngurus bayi sendiri itu ternyata lumayan merepotkan yaaa...literally sendiri! nggak ada bantuan dari ortu (krn mamaku sudah meninggal dan mertua di luar kota) dan ART (meski 2 minggu terakhir sudah ada yang khusus untuk pegang Ayra setelah aku balik kerja).

Aku mau update perkembangan Ayra yaa...
Soo..tanggal 10 Juli 2012 kemarin Ayra imunisasi BCG. Sudah aku niati untuk berangkat sendirian naik taxi. Suami nyusul kalau sudah mau masuk ke ruang dokter, karena hari itu pas hari Selasa, jadi dia harus kerja dulu. Seperti biasa, sebelumnya pasti ditimbang berat badannya dan diukur panjang badannya. 
Ayra usia 7 minggu beratnya 5kg dan panjang 57cm! Pantesan udah kerasa berat...alhamdulillah...

Proses suntik imunisasi BCG ini di lengan kanan atas (yang ortu kita jaman dulu pasti menimbulkan bekas). Kalau jaman dulu katanya kalau nggak berbekas artinya nggak berhasil imunisasinya. Tapi itu nggak betul, sejak jamanku sudah nggak berbekas lagi kok ;)
Suntikan BCG dilakukan intra derma alias di bawah kulit dan sengaja dibuat sampai muncul timbul dipermukaan kulit (kalo orang Jawa bilang melentung). Pastinya sakit doong...ternyata dokternya sudah biasa yaa..jadi pas disuntik, Ayra disusuin, untuk mengurangi rasa sakitnya. BCG ini vaksin dengan kuman yang dilemahkan jadi bekas suntikan nggak boleh kena air, sabun atau alkohol supaya kumannya nggak mati. Setelah imunisasi ini Ayra agak rewel dengan cara banyak minta menyusu.

Selanjutnya hari Senin tanggal 16 Juli 2012 pas ulang tahunku yang ke 28, Ayra imunisasi DPaT, Hib, Polio dan Rotavirus. Aku bayangin this would be a great one, karena aku bisa keluar berdua Ayra. Skenarionya masih sama dengan sebelumnya, dengan harapan sepulang dari RS bisa mampir ke mana sebentar dengan suami.
Oya saat itu Ayra umur 2 bulan dengan berat 5,3kg dan panjang 58cm....dalam waktu 6 hari Ayra naik 300gram...alhamdulillah...
Aku sudah tahu kalau vaksin DPT bikin panas, makanya aku minta yang nggak panas dengan harga lebih mahal yaitu DPaT. Meski dokter sudah memperingatkan kalau "nggak panas" bukan berarti tanpa panas sama sekali, cuma panasnya dikurangi. Malamnya Ayra lemeesss banget.. Tapi ternyata keesokan harinya Ayra panas hebat sampai 38,3 derajat Celcius yang merupakan batas panas bayi yang harus diberi penurun panas. Alhasil Ayra diberikan obat drop penurun panas.

Sesaat setelah pulang dari RS
Sejak saat itu Ayra suka ngajakin begadang lagi deh...padahal 2 minggu sebelumnya ritme tidurnya sudah "menyenangkan", terakhir minum jam 12 bangun lagi jam 4 pagi. Tapi sejak panas itu, Ayra bangun sepanjang malam untuk menyusu meski sampai ketiduran. Kalau ditaruh, bangun lagi dan nyusu lagi.
Hari itu, suami cuma mengucapkan selamat ultah jam 4 pagi setelah sholat subuh. Alhasil hari ultahku terlewat begitu saja...kecuali malam harinya suami belikan rainbow cake pesananku. Sederhanaaaa banget...tapi aku juga nggak bete atau ngeluh karena ngeliat Ayra lemes banget malam itu. Padahal tahun2 sebelumnya aku selalu minta ada yang spesial di hari ultahku.
Aku berubah di ulang tahunku yang ke 28 secara alami tanpa paksaan. Aku sadar bahwa Ayra lebih penting daripada semua itu.
 
Happy 28th birthday to myself and happy 2 months old my little baby Ayra :*





Post a Comment

Designed by FlexyCreatives