Thursday, December 27, 2012

Refleksi Akhir Tahun

Kejadian besar yang terjadi di tahun 2012? Tentu saja kelahiran anak pertamaku, Afshayra Charmaraiza Addyn, pada tanggal 16 Mei 2012. 
Kejadian besar itu banyak merubah aku dalam waktu singkat, hingga saat ini, 7 bulan 2 minggu setelah Ayra lahir.

Yang terakhir adalah munculnya kesadaranku sebagai orang dewasa untuk mengelola uang. Ya....masalah uang adalah masalah yang jarang dibicarakan ataupun diajarkan oleh kebanyakan orang tua ke anaknya, termasuk orang tuaku. Terutama pada anak perempuan, jarang diajarkan bagaimana mengelola uang atau bahkan memperoleh uang. Entah karena masalah uang adalah hal yang tabu untuk dibicarakan di masyarakat kita, atau karena anak perempuan dianggap tidak bertanggungjawab untuk mencari nafkah ataupun mengelola keuangan keluarga, perempuan hanya diproyeksikan untuk membelanjakan uang yang sudah diberikan oleh suaminya, meski untuk kebutuhan keluarga.

Kelahiran Ayra membawa dampak besar bagi aku dan suami. Terutama untuk aku :D
Kelelahan fisik setelah melahirkan, kemudian mengurus Ayra sendirian, dst dst sempat membuat aku dan suami merenggang. Puncaknya adalah saat ulang tahun pernikahan kami yang ketiga, 4 Oktober. Kami bertengkar hebat hingga kami hampir nggak berbicara selama 4-5 hari. Sangat sedih karena melihat Ayra juga semakin tidak dipedulikan oleh bapaknya, demi menghindari aku. Tapi Allah ternyata punya cara lain untuk kami. 1 minggu kemudian, tanggal 9 Oktober 2012, usaha suami yang sedang berada di puncaknya, mengalami musibah kebakaran. Semua habis terbakar. Suami shock. Setelah kejadian itu, dia sering berada di rumah karena ingin "mengasingkan" diri dari dunia luar. Dia juga masih tetap diam ke aku, tapi dia jadi lebih banyak ngobrol dengan Ayra. Aku sangat bersyukur.
Itulah cara Allah...

Titik balik hubungan kami adalah pada musibah itu. Kami mulai bisa bicara lagi dengan normal. Membicarakan hal-hal dewasa, seperti cara pengasuhan anak, pengelolaan uang keluarga, dll. Bukan berarti waktu luang kami semakin banyak, tidak...tapi kami jadi lebih sadar diri untuk mau meluangkan waktu untuk berdiskusi.


Aku sadar sekali, ini masih awal perjalanan kami sebagai orang tua. Semoga kami selalu dibimbing oleh Allah selama perjalanan ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review