Saturday, March 30, 2013

Cinta 3 Dunia

Kemarin aku ambil me-time di salon *biasa...emak2 butuh time out*
Sewaktu dilakukan perawatan, aku baca majalah donasi dari lembaga pengumpul ZIS. Judulnya Cinta 3 Dunia. Bukan, itu bukan judul sinetron baru... Isinya tentang penjelasan cinta menurut Islam.

Memang Allah kalau berkehendak, selalu ada jalan. Kemarin memang aku sedang dalam kondisi full capek, karena sakit gigi seminggu terakhir yang mengakibatkan nggak bisa makan apapun.

Back to the topic, apa sih maksud cinta 3 dunia?
Ayat yang menjadi dasar adalah QS. Al-Zukhruf ayat 67

Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.
Sekarang pertanyaannya, siapa teman akrabmu? 
Seharusnya teman akrab kita adalah suami/istri kita. Karena setelah menikah, suami/istri kitalah yang hampir selalu 24 jam bersama kita. Mereka tahu benar apa saja keburukan2 kita, bahkan dari yang kita tutupi sekalipun. 

Lalu apa maksud dari ayat tersebut? Bahwa setelah kiamat, kita semua akan dikumpulkan di Padang Mahsyar. Hari Pengadilan. Pada hari itu, kita diadili oleh Yang Maha Adil. Pada hari itu, semua umat manusia sibuk menyelamatkan dirinya sendiri. Nah inilah yang dimaksud ayat tersebut, bahwa bahkan teman akrab kita selama di dunia, yang selalu memuja kita, mencintai kita, bisa saja menjadi musuh bagi lainnya. Kenapa? Karena memang manusia panik, sibuk menyelamatkan dirinya sendiri, dan menyalahkan yang lain, dalam hal ini teman akrabnya (suami/istri). Naudzubillah...

Tapi yang diajarkan Islam adalah suami istri saling menolong di dunia dan akhirat. Pada saat di dunia saling mengingatkan, saling menolong dan saling menumbuhkan menjadi hamba Allah yang takwa.
Pada saat di akhirat (Padang Mahsyar) saling membela, saling menyelamatkan.


Dia, ya Allah, yang melarang aku untuk menerima uang haram. Dia, ya Allah, yang selalu membangunkanku untuk melakukan sholat Tahajud. Dia, ya Allah, yang selalu memberikan aku kasih sayang yang cukup sehingga aku tidak pernah terpikirkan untuk mendekati apalagi melakukan zina.
Itulah sedikit contoh pembelaan di Padang Mahsyar yang dicontohkan di majalah itu. Aku belum pernah membaca tentang hal ini sebelumnya.
Sehingga pada akhirnya pasangan suami istri tersebut sama2 dimasukkan ke Surga. Amin ya Rabbal 'alamin..

Inti cerita ini tidak hanya berfokus pada suami istri saja, tapi keluarga secara utuh. Siapa yang tidak ingin dikumpulkan di SurgaNya bersama dengan orang tuanya, saudara2nya dan anak cucunya?

Inilah yang dimaksud cinta 3 dunia: dunia fana (saat ini), akhirat (Padang Mahsyar) dan SurgaNya. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang yang takwa. Amin ya Rabbal 'alamin..

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review