Thursday, April 18, 2013

ParenThink: Membangun Ketrampilan Memilih

Membangun keterampilan memilih ada tiga urutan tahap:

1. Enak vs Ga Enak :

Tahap ini bertujuan untuk melatih anak memilih apa yang enak dan ga enak.
Kalau tahap ini belum lulus, maka yang perlu dilatih untuk menghadapi situasi seperti ini. Supaya anak memahami apa yang enak dan apa yang ga enak.
Pada tahap ini juga kesempatan ortu untuk membuat daftar hal-hal yang disuka dan hal-hal yang tidak disukai anak. Buat daftar sebanyak mungkin, kondisi saat di rumah ataupun luar rumah.

Tanda anak udah lulus pada tahap ini, anak punya kemantapan memilih. Ga terkecoh lagi dengan penempatan pilihan yang dibolak-balik.

2. Enak vs Enak :

Tahap ini bertujuan untuk mengontrol keinginan anak, supaya ga serakah. Tahap ini dimulai saat anak udah mulai bisa memaksakan keinginannya. Artinya anak sudah menunjukkan secara konsisten apa yang dimau/dituju.
Latih dengan meminta anak memilih satu dari beberapa alternatif yang ortu siapkan. Sampaikan jika anak ingin semuanya, maka ia ga dapat apapun. Evaluasi secara terus menerus daftar yang kita punya. Sehingga daftar yang kita punya semakin mantap sebagai bahan melatih kemahiran memilih.

Tanda anak udah lulus pada tahap ini, anak sudah bisa dan terbiasa memilih salah satu pilihan enak dari beberapa alternatif yang ortu bangun.

3. Ga enak vs Ga Enak :

Seperti yang diulas di buku 'kudidik' tahap ini adalah yang paling sulit dalam program memilih. Karena anak akan selalu memilih apa yang enak dan nyaman.
Tahap ini bertujuan untuk melatih kesanggupan anak untuk menghadapi situasi yang ga enak. Entah karena pilihannya ataupun karena ia lepas hak pilihnya. Latih anak dengan menawarkan 2 atau beberapa hal yang ga menyenangkan. Sampaikan kalo anak menolak memilih, berarti ia melepaskan nasibnya pada orang lain.
Contoh : Mau mandi sendiri atau dimandiin? Kalo anak ga pilih, sampaikan "karena ade ga pilih, papa yang nentukan pilihannya. papa yang mandiin ade (sambil digendong ke kamar mandi)"

Tanda anak udah lulus pada tahap ini, umumnya anak akan mengajukan alternatif pilihan baru. Kalo kita ajukan 2 pilihan, maka anak akan mengajukan pilihan ke 3. Dan juga menandakan kalo anak udah paham akan situasi pilihan dan mengerti bagaimana bisa selamat dari pilihan yang ada.
Penting untuk terus melatih tahap ini untuk mematangkan anak masuk ke kelas
berdagang

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review