#SekolahUntukSiapa (Catatan dari Seminar Kelompok Peduli Anak)

Seperti biasa, perkenalan @sigoloktoge selalu memperkenalkan diri sebagai 'anak-anak- . Jd, siap2 ya parents :)


Menurut riset @sigoloktoge 86% anak suka sekolah karena mau bahagia. Tapi pada kenyataannya, setelah sekolah, anak2 jadi nggak bergairah lagi... :( 

Kenapa bisa gitu? Karena ternyata guru memicu anak malas sekolah. Buat anak, ternyata aktivitas sekolah itu membebani. Anak2 nggak leluasa berekspresi.
Lalu, ortu mulai senewen deh krn anak mulai males sekolah 

Nah, mulai deh nanya kan? Apa sih sebenernya tujuan darr anak sekolah? Tujuan sekolah itu ternyata tergantung harapan ortu, itu yang penting untuk anak.

Sekolah itu sebenarnya kan alat bantunya ortu, bukan tahapan kehidupan anak.

Faktanya, di sekolah anak tertekan ketika menyadari banyak hal yang nggak sesuai sama yg dia hadapi.
Misal: ada pertanyaan: siapa yang menyiapkan makanan dirumah? Jawaban (ideal): ibu. Anak jawab: bi inang. Guru menyalahkan karena tidak sesuai dengan jawaban dibuku.
Anak jadi gelisah dan tertekan, karena faktanya mama nggak pernah masak. Kenapa dia disalahkan?

Anak2 yang pola mikirnya : "enak vs gak enak", maka situasi gak enak di sekolah jadi sesuatu yg harus dihindari. Ortu, yang mikirnya "perlu vs gak perlu", ribet suruh2 anak belajar. Endingnya? Makin nggak enak buat anak.

Hayooo...siapa yg ribut suruh anak belajar kalo mau ulangan?
Padahal apa sih tujuan ulangan? Kan untuk memantau hasil belajar kan?
Nah, kalo sengaja siap2 buat ulangan, kan tujuannya jadi belok... Karena anak khusus belajar buat ulangan doang.
Siapa yang butuh ulangan? Ortu/guru yg pengen nilai bagus? Atau anak yang belajarnya perlu di-evaluasi?
Jawaban klasik atas #SekolahUntukSiapa : buat anak, biar pinter, biar mandiri, dll

Padahal kalo anak ditanya, mereka nggak happy sama sekolah. Gimana bisa pinter kalo sekolah jadi sesuatu yang harus dihindari?

Kalo hasil ulangan itu hasil belajar semalem doang, sebenarnya itu nggak menggambarkan kemampuan anak. Dengan mengejar2 anak belajar khusus saat ujian/ulangan, tanpa peduli pemahaman, sebenarnya ortu lagi bohongin diri sendiri.

Saat anak hasil ujian jelek, ortu ribut deh, kasih label2 ke anak : daya tangkapnya kurang dll.
Padahal, anak2 itu belajarnya dari rutinitas, berulang2. Kalo sekali tembak, dia gak benar2 ngerti. Dia cuma ngapalin doang.
Kalo anak dipaksa ngerti dalam sekali belajar, itu namanya maksa. Karena anak nggak belajar sebenarnya.
Ulangan/ujian itu sebenarnya butuhnya pengajar, utk evaluasi hasil belajar selama ini. Bukan hasil belajar semalem doang.
Ortu juga nggak perlu nge-tes. Anak nggak nyaman. Apalagi trus dipamerin deh ke temen2 ortu.
Yang penting juga diketahui, bahwa untuk bisa sekolah itu, anak harusnya punya kesanggupan berjuang dulu.
Kenapa pemerintah bikin 7 thn? Karena secara fisik, otak anak dianggap siap berjuang di umur 7 tahun.

Tapi sbnrnya, yg perlu diliat adl kesanggupan berjuang, spy dia siap utk belajar dgn rumus perlu vs gak perlu #SekolahUntukSiapa

Anak itu butuh ortu. Dan krn ortu pny keterbatasan sumber daya, jd ortu perlu bantuan sekolah

So, #SekolahUntukSiapa butuhnya siapa? Butuhnya ORTU! Buat bantuin ortu. Anak cm butuh ortu nya

Jd, anak sekolah krn ortu gak OK? Ya enggak laaahh.... Kan ortu emang gak sll siap dgn segala sumber daya utk didik anak #SekolahUntukSiapa

Tp ortu hrs nyadar, krn sekolah bukan butuhnya anak, pastikan dulu anak siap dgn situasi yg akan dihadapi di sekolah #SekolahUntukSiapa

Krn anak akan menghadapi hal2 yg bs jadi gak dia temuin di rumah. Termasuk jajan. Termasuk pola pergaulan #SekolahUntukSiapa

Itu diaaaa, kenapa penting utk ortu menyesuaikan butuhnya ortu dgn situasi sekolah. ORTU yg perlu tau #SekolahUntukSiapa

Kalo sekolah gak mampu bikin anak ngerti soal materi sekolah, itu artinya beban yg diberikan ke anak tll besar #SekolahUntukSiapa

Yg hrs digarisbawahi : sekolah itu PERLU, bukan hrs. Gak semua org perlu sekolah #SekolahUntukSiapa

Jangan lupa yeeee....sekolah buat anak bahagia, bukan biar ortunya bisa me-time :p

Ayo dicek-cek dulu, apa sih sbnrnya butuhnya ortu atas sekolah? Biar bs cari sekolah yg memenuhi butuhnya ortu #SekolahUntukSiapa

Kalo ortu mau anak mau sekolah, ya ortu hrs melakukan usaha biar sekolah itu enak buat anak. Bukannya dipaksa #SekolahUntukSiapa

Ortu juga wajib bersedia jd fasilitas belajar buat anak, biar anak sanggup berjuang #SekolahUntukSiapa

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives