Perkembangan Ruasdito Ayra (14m)

Sampai hari ini, Ayra sudah aku perkenalkan dengan teknik pilih dan dagang. Karena Ayra termasuk telat (meski ga banyak), jadi pakai dua teknik itu langsung. Tugasku ini yang bisa mengkondisikan jadi kondisi yang layak belajar.

Kenapa agak telat? Karena Ayra sudah bisa memaksakan kehendaknya. Sudah punya keinginan yang "harus" dipenuhi. Dan saya terlambat melatihnya untuk pelajaran memilih.
Ayra sudah bisa pilih enak vs. ga enak. Sekarang tinggal enak vs enak dan ga enak vs. ga enak.

Beberapa cerita keberhasilanku yaa..
Yang pertama tentang makan. Energi memintaku sudah jauuuhh berkurang. Aku nggak pernah memaksakan keinginanku lagi. Dan alhamdulillah malah Ayra jadi banyak makan...bukan sekali makan dalam porsi besar yah...tapi sering makan, porsinya terserah dia saat itu. Efek lain adalah aku bisa jadi lebih nyantai. Ya benar, memberi saja, percaya saja. Aku percaya Ayra nggak akan membiarkan dirinya kelaparan. Memang untuk topik ini, aku belum bisa berbangga diri menyatakan aku berhasil. Tapi paling nggak, sudah ada perubahan positif :) ini juga mengajarkan Ayra untuk mengenali rasa laparnya.

Yang kedua tentang tidur malam. Beberapa malam belakangan ini, Ayra selalu berulah kalau mau tidur malam. Padahal sudah jelas dia sudah ngantuk, tapi setiap kali habis nenen, dia berusaha bangun lagi, berguling2 di kasur, meski matanya sudah merem. Suatu waktu, aku kasih pilihan ke Ayra: mau bobok sekarang sama mama atau mainan dulu dan mama kerja. Ayra nggak pilih, jadi aku yang pilihkan: Ayra mainan (di box-nya) dan aku keluar kamar melanjutkan kerjaanku. Beberapa saat Ayra diam aja, tapi sekitar 10 menit dia mulai merengek. Aku masuk, aku susuin lagi, dan nggak ada 5 menit, Ayra sudah tidur lelap. Keesokan2nya, Ayra nggak pakai berulah lagi waktu mau tidur malam, kecuali kalau mau tidur, trus diajak main lagi sama papanya atau tantenya. Kalau sudah begitu ya kondisinya nggak layak belajar.

Yang ketiga, tentang mengembalikan barang2 yang dipakai mainan. Emang sudah fase alaminya ya, usia 13-14 bulan senang mengeksplorasi lingkungan, termasuk juga ambilin barang2 di rumah untuk diamati. Nah biasanya setelah diambil, diamati, dibawa kesana kemari, barangnya langsung aja ditaruh di lantai kalau sudah bosan. Dan aku selalu yang mengembalikan semuanya. Capeekk.... Ini berarti sudah saatnya Ayra belajar mengembalikan barang. Setelah memahami rute belajar alaminya Ayra, akhirnya Ayra berhasil mengembalikan barang2nya sendiri...yaayyy!

Oh ya, template alami Ayra adalah benefit-loko.
Rute belajar alaminya adalah: berpikir-melihat-melakukan.
Template dan rute belajar alami setiap anak berbeda dan sudah bawaan lahir alias sudah cetakan :)

Memberi saja, percaya saja. And this journey still going on...
  1. salam kenal yaa...
    lg seneng cari2 tau tentang parenting.. krn si kakak (26m) lg aktif2nya dan mulai sering memaksakan kehendak, dan pernah beberapa kali tantrum.
    boleh diceritain ga, gmn proses belajarnya (misalnya yg makan), proses negosiasi apa yg dilakukan, sampe akhirnya berhasil di tahap ini?
    makasih buat sharingnya.. :)

    dian

    ReplyDelete
  2. Halo mbak...
    Maaf baru baca komennya..
    Kalo ttg makan, aku juga masih baru bgt belajarnya, mbak..intinya kita nggak boleh maksa anak makan, seberapa banyak porsinya. Tawarkan aja sesering mungkin, biar dia yg mengambil keputusan.

    Mbak gabung aja di milis ParenThink dan follow @parenthink, bisa belajar bareng di sana. Enak kok di sana, bisa tanya2 atau baca2 pengalaman member lain :)

    ReplyDelete

Designed by FlexyCreatives