Thursday, July 25, 2013

Rute Asuh-Didik ala Toge (Ruasdito)

Mungkin selama ini sudah sering baca istilah ruasdito di blog ini, tapi nggak pernah tahu, apa sih ruasdito itu? Dan kenapa aku pakai ruasdito?

Seperti biasa, karena aku adalah orang yang suka teori dulu, baru praktek, maka sejak Ayra umur 2-3 bulan, aku mulai mencari2 pengetahuan tentang ilmu parenting. Karena waktu itu aku aktif di twitter, sampailah pada milis ParenThink. Silakan cari @ParenThink, @sigologtoge

Kenapa aku pakai ini? Karena setelah aku baca, ruasdito ini masuk akal. Silakan lihat2 foto di bawah yaa..
Orang tua secara otomatis naluriah pasti ingin melindungi anaknya, memenuhi semua kebutuhannya (dan keinginannya), membuat dia nyaman, dsb. Itu otomatis. Kalau di istilah omGe, itu yang disebut sebagai faspel (fasilitas pelindung) atau bemper. Dan seperti bemper mobil, fungsinya menjaga supaya mobil nggak beret kan? Biarpun bemper yang penyok2..

Tapi ortu kan nggak mungkin 24 jam mendampingi anaknya, apalagi seiring pertumbuhan anaknya yang semakin banyak aktivitas. Maka sebaiknya ortu mengajarkan anak untuk berpikir, mengajarkan anak untuk jadi dewasa. Itulah yag disebut sebagai fasbel (fasilitas belajar).

Awalnya aku juga nggak rela, aku masih ingin melindungi anakku. Apalagi aku punya histori, merasa nggak dekat dengan mamaku, hanya 4-5 tahun terakhir sebelum beliau meninggal, aku merasa dekat. Rasanya sangat berat menghadapi dunia luar sendirian, sangat terasa buat aku. Selama ini semua selalu "dilindungi" dan "disediakan" mama, dalam artian bukan secara fisik ya...karena secara fisik, aku dibebaskan mengikuti kegiatan apapun.

Tapi sejak Ayra berumur 5-6 bulan, aku mulai merasa, badanku nggak kuat kalau harus "melayani" Ayra terus menerus. Pasti aku butuh bantuan orang lain. Orang lain pun nggak bisa setiap saat bisa melindungi Ayra. Jadi, aku memutuskan, ya aku setuju dengan pemikiran omGe. Setuju dengan ruasdito-nya, Ayra harus berlatih menjadi dewasa.

Dan perjalanan ruasdito-ku dan Ayra pun dimulai....











1 comments:

Melinda Pujiyanti said...

Hi...mbaa
Aku izin save picturenya ya. Kebetulan aku abis beli Buku OmGe ini :)

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review