Saturday, July 27, 2013

Toddler Car Seat

Baru aja aku beli toddler car seat untuk Ayra, setelah baby (infant) car seat-nya udah nggak muat. Car seat memang ada beberapa kategori:
  1. Combination baby & child car seat (group 0+ - 1): biasanya harganya paling mahal karena bisa digunakan sejak lahir sampai berat anak maksimal 13 kg. Tapi nggak berlaku di Ayra, karena sejak umur 13m, meski beratnya belum 13kg, tapi Ayra sudah nggak nyaman duduk di situ.
  2. Forward facing car seat (group 1)
  3. Highback booster car seat with harness (group 1-2-3)
  4. Highback booster car seat without harness (group 2-3)
Lebih lengkapnya baca di sini.

Untuk infant car seat, alhamdulillah Ayra dapat kado waktu lahirannya. Kenapa aku keukeuh pake car seat, padahal mungkin di Indonesia belum familiar penggunaan car seat untuk anak? Alasan utamanya simpel, karena aku biasa kemana2 nyetir sendiri, jadi aku membayangkan harus pergi berdua sama Ayra dan nyetir sendiri. Kalau aku nyetir, kalau nggak ada car seat, Ayra taruh mana dong? Nggak mungkin dipangku kan? Nggak mungkin ditidurkan di kursi juga (pasti nggelinding)....

Semakin hari aku semakin paham bahwa di luar negeri sudah diwajibkan memiliki car seat pada saat melahirkan anak. Alasannya adalah safety!
Dan memang, karena Ayra sudah terbiasa duduk sendiri di car seat, jadi sekarang Ayra umur 14m (dimana teman2 sebayanya kalau duduk di mobil pasti ga bisa diam) mau duduk sendiri di car seat. Memang umur segini kan lagi banyak2nya aktivitas, berdiri, merambat, dll. Bisa bayangin kalau di dalam mobil anak juga banyak aktivitas gitu? Belum sampai kecelakaan, kalau kita nge-rem mendadak aja, mungkin anak bisa jatuh atau malah terlempar.

Jadiii.....siang ini alhamdulillah aku menemukan toddler car seat merk Cocolatte Omniguard yang review-nya bagus. Harganya juga sesuai dengan kenyamanannya. Bisa 2 posisi juga.
Untuk review merk2 lain, silakan di sini yaa.

Happy hunting toddler car seat!

1 comments:

keke naima said...

lebi aman kl pk car seat :)

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review