Thursday, August 29, 2013

[Recipe] Kentang Panggang isi Kornet

0 comments

Kentang Panggang Isi Kornet

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang hasil olahannya banyak disukai oleh anak2. Hidangan dengan bahan dasar kentangkali ini selain dapat dijadikan menu sarapan anak-anak juga dapat dijadikan bekal sekolah.
Bahan-bahan :
  • 500 gr Kentang
  • Daun bawang secukupnya iris tipis
  • 1 sdm margarin
  • 100 gr kornet kalengan
  • 1 sdt garam halus
  • merica bubuk secukupnya (sesuaikan selera anak)
Cara membuat :
  1. Cuci kentang, panggang dalam oven/microwave sampai matang, potong 1/4 bagian atasnya kupas kulitnya, sisihkan. Kerok bagian atas yg dipotong tadi sehingga kentang berbentuk mangkuk.
  2. Campur hasil dari proses pengerokan dengan 1/4 bagian hasil potongan, haluskan.
  3. Panaskan margarin, tumis daun bawang, masukkan garam, merica dan kornet, masak sampai matang/kering.
  4. Campur adonan kentang yang dihaluskan dengan adonan kornet. Masukkan kembali kedalam “mangkuk kentang” sehingga bentuk kentang “kembali seperti semula”.
  5. Panggang kembali kentang sampai bagian atasnya kering. Hidangkan.
(untuk 5 porsi, 1 porsi = 140 kal)

[TriedNTested] Macaroni Schotel

0 comments

MAKARONI PANGGANG

Bahan-bahan :
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 200 gram daging cincang
  • 200 gram macaroni, rebus dan tiriskan
  • 6 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 2 sendok makan margarin
  • 1/2 butir pala, haluskan
  • 150 gram keju parut
  • Garam dan lada secukupnya
Cara membuat :
  1. Panasakan margarin, tumis bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna
  3. Campur daging cincang, macaroni rebus, susu cair, telur dan 50 gram keju parut, lada, pala dan garam, aduk rata
  4. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin
  5. Taburi bagian atas dengan taburan keju
  6. Panggang hingga matang

Saturday, August 24, 2013

[TriedNTested] Puding Roti Saus Vanila

0 comments
Bahan untuk Pudding Roti:
  • 3 buah telur
  • 1 cup gula putih (boleh ditambah atau dikurangkan sesuai selera, tapi 1 cup jadinya tidak terlalu manis)
  • 2 sdm brown sugar
  • 1/2 sdt bubuk kayumanis (ground cinnamon)
  • 1/4 cup mentega, lelehkan
  • 3 cups susu segar (boleh susu UHT atau susu pasteurisasi)
  • 10 lembar roti.  Saya gunakan wholemeal bread biar teksturnya tidak terlalu halus, tapi roti apa saja tidak masalah.
  • 1 cup kismis
  • 1 buah pisang ukuran besar (optional – kebetulan saya suka tambahkan pisang biar lebih enak)
  • Gula halus secukupnya
Cara Membuat Pudding Roti:
  1. Panaskan oven dengan temperatur 190 derajat C dan siapkan wadah tahan panas yang sudah diolesi mentega.
  2. Potong-potong roti dengan bentuk kotak. Sisihkan.
  3. Di dalam wadah yang besar (mixing bowl), campurkan telur, mentega, susu, gula, dan bubuk kayumanis. Cukup menggunakan whisk saja, tidak perlu dengan mixer. Setelah semua tercampur rata, masukkan roti, kismis, dan pisang (kalau suka).
  4. Aduk rata sampai seluruh roti tercampur dengan campuran telur dan susu. Lalu tuangkan ke wadah tahan panas yang sudah disiapkan.
  5. Panggang selama 50-55 menit sampai kecokelatan. Kalau baru 30 menit sudah terlihat cokelat, tutupi adonan dengan aluminum foil untuk menghindari gosong di bagian atas.
  6. Angkat dan biarkan dingin. Lalu taburkan gula bubuk di atasnya sebelum disajikan.

Bahan untuk Saus Vanila:
  • 1/2 cup brown sugar
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 telur
  • 2 sdm mentega, lelehkan
  • 1 1/4 cup susu
  • 1 sdm vanilla extract
  • bubuk kayumanis (ground cinnamon) seujung sendok
  • garam secukupnya
Cara Membuat Saus Vanila:
  1. Campur semua bahan, kecuali vanilla extract, ke dalam panci, lalu taruh di atas kompor.
  2. Aduk rata adonan di atas api sedang. Terus diaduk supaya tidak pecah. Mengaduk menggunakan whisk akan lebih mudah, tapi pastikan pancinya tidak berupa teflon ya, karena akan membuat pancinya rusak.
  3. Setelah agak mengental dan sudah lembut, tuangi vanilla extract dan aduk sampai agak kental. Cara mengetahuinya? Masukkan sendok aluminum ke dalam saus. Kalau sendok ter-cover dengan saus ketika diangkat, berarti sudah siap.
  4. Angkat dan sajikan sebagai side dish untuk menikmati puding roti yang sudah dibuat.

Sumber: theurbanmama

Wednesday, August 21, 2013

Daycare Review Surabaya Timur

14 comments
  1. Sayang Daycare
    Alamat: Pakuwon City L4 no. 1 (Graha RA) Surabaya
    Biaya full day: 150rb/hari;  800rb/minggu; 2,5juta/bulan
    Biaya half day: setengah dari harga full day
    Jam operasional: 7-17
    Fasilitasnya lengkap di sini. Ada dokter yg stand by juga.
    Tadi waktu aku survei ke sana, masih sepii...cuma ada 1 anak yg di daycare. Oya ini gedungnya ada klinik juga di lantai 1, lantai 2-nya preschool. Daycare di lantai 3, tapi bisa main2 juga di lantai 2. Untuk ukuran Surabaya, harganya masih cukup mahal yaa...tapi memang dari membandingkan dg daycare lain ya jauuuh bgt kualitasnya.
  2. Cordova Islamic School
    memprioritaskan daycare untuk yg sekolah di sini, jadi otomatis setelah umur 2 tahun ya.. Tapi tadi katanya sih boleh umum juga, tapi tetap bayar uang pangkal sebesar Rp 2jt. Kalau diteruskan PG A-B di sini, nggak perlu bayar uang pangkal lagi.
    Ini kontaknya yaa:
    Jl. Raya Dharmahusada Indah Blok B15 no. 27-29
    Surabaya
    Telp. 031-5924536/77171707
  3. TPA & KB Tunas Bahari (Univ. Hang Tuah)
    Biaya harian 20rb. Tapi sayangnya pengasuhnya cuma 2 orang. Kelebihannya memang lokasinya jadi satu dg fak.psikologi UHT, kata yang jaga tadi, mahasiswa psikologi juga sering membimbing perkembangannya. Tapi aku nggak tau kebenarannya yaa.. Mereka terima bayi kalo ga salah mulai umur 7-8 bulan gitu.
    Ini alamatnya:
    Gedung Growth Center
    Laboratorium Perkembangan dan Pendidikan
    Fak. Psikologi, Univ. Hang Tuah
    Jl. Arif Rahman Hakim 150 Sukolilo Surabaya 60111
    Telp: 5945864, 5945894, 5912877 ext. 527
    Senin-Jumat 08.00-15.00 WIB
  4. PAUD Cahaya Tazkia
    Biaya daycare 450rb/bulan, dapat makan dan sncak utk anak di atas 1 tahun. Tempatnya lumayan menarik, Ayra suka di situ. Mainannya juga baru2. Bagian bawah adalah KB dan TK, Ayra juga suka ditaruh di situ. Sayangnya, tadi daycare-nya sudah penuh, sudah sampai 40 anak!
    Alamat:
    Jl. Gebang Putih no. 10 Surabaya
    Telp. 031-5925972, 5945101
  5. Yayasan Hidayatullah
    Aku nggak dapat brosurnya, jadi aku nggak tahu alamat pastinya, tapi yg pasti ini di depan perumahan Pakuwon City (dulu Laguna Indah). Tapi tadi sempet masuk TPA-nya, aku kurang sreg, karena nggak bersih, perbandingan anak dan pengasuh juga nggak ideal.
    Telp. 031-5939749
 Semoga bermanfaat yaa..

Wednesday, August 14, 2013

Cerita Ruasdito selama Libur Lebaran

0 comments
Masih dalam masa libur lebaran sih sebenarnya ini...karena meski sudah mulai masuk kerja (seharusnya), tapi pembantu belum balik, dan aku minta ijin untuk nggak ke kantor dulu sampai pembantuku datang.

Lebaran kali ini, entah gimana, aku ngerasa enak banget, padahal sebelum2nya sudah stres duluan krn stp lebaran pembantu pasti mudik lama, dan entah balik atau nggak.
Karena aku jalaninnya pake mantra "memberi aja, percaya aja", semua jadi kerasa enak..nggak pake acara bete2an segala deh.
Nah "keenakan" hatiku ini rupanya menular juga ke Ayra, selama nggak ada pembantu Ayra menyenangkan, makan lancar jaya, rutinitas juga oke.


Begitu juga waktu mudik ke Jember, berangkat dan pulang, Ayra anteng di carseat-nya. Sesekali dia turun dari carseat kalo pas dia mau nyusu aja. Senengnya sudah bisa membedakan mana emosi, mana strategi. Jadi kalau Ayra pas berstrategi minta turun dari carseat, aku abaikan lahbat, dia diem sendiri juga daan...jadi bobok anteng di carseat. Enaknya aku bisa menikmati perjalanan di mobil :D

 

Acara di rumah mertua juga lancar jaya, paling nggak, kadar faspel-ku berkurang...hihihi..meski belum bisa dibilang hilang samsek. Kadang masih juga protektif, curiga mertua mau kasih makan aneh2 ke Ayra, dll..hehehe..


 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review