Friday, February 7, 2014

Pelatihan Konseling Menyusui (Modul WHO-Unicef 40 jam)

Alhamdulillah Februari ini aku berkesempatan untuk mengikuti Pelatihan Konseling Menyusui batch 6 yang diadakan oleh AIMI Jatim. Sebenarnya sudah ditawari untuk ikut pelatihan ini sejak 2012, tapi aku masih belum tega meninggalkan Ayra dalam waktu lama.
Pelatihan ini menggunakan Modul dari WHO dan Unicef selama 40 jam atau 5 hari. Pelatihan dilaksanakan di RSUD Sidoarjo. Nah dari rumah ke lokasi pelatihan butuh waktu paling cepat 45 menit (Sabtu-Minggu) atau sekitar 1 jam 15 menit (Senin-Rabu). Apalagi kalau waktu pulang yang berbarengan dengan jam pulang kantor. Bisa sampai 1,5 jam.
Alhasil, setiap hari aku berangkat dari rumah jam 6 pagi dan sampai rumah lagi jam 18 atau 18.30.

Isi pelatihannya menyenangkan dan bermanfaat, hanya saja buat aku lokasinya jauh, apalagi harus nyetir sendiri. Peserta lain ada yang dari Probolinggo dan Mojokerto (PP setiap hari), Tulungagung (menginap di hotel). Sebagian besar adalah tenaga kesehatan. Dokter obsgyn dari RKZ, perawat NICU dari RKZ, Perawat dan Bidan RS dr. Iskak Tulungagung, dokter anak RS Haji Surabaya, Bidan magang di RS swasta Sidoarjo, IRT, dosen Farmasi Unair dan wiraswasta.

Apa sih tujuanku ikut pelatihan ini?
Selain tujuan idealku ya (membantu meningkatkan angka ibu menyusui di Indonesia), aku juga ada impian, yaitu menggabungkan profesiku saat ini sebagai konsultan manajemen RS dengan kemampuan sebagai Konselor Menyusui. Apa itu? We'll see :)

Mengikuti pelatihan ini sebenarnya tidak ada dalam jadwalku tahun ini. Tapi seorang sahabat (yang dulu juga mendorong aku ikut KE AIMI) mendaftarkan aku dan dia untuk ikut pelatihan ini. Yang akhirnya dia malah batal dan aku yang jadi ikut.
Aku sendiri agak ragu ikut karena awal tahun ini aku sudah mendaftarkan Ayra preschool, jadi dana terserap ke sana. 
Mungkin sudah jalan dari Allah ya, nggak lama kemudian aku mendapat rezeki lagi, dan aku ijin suami diperbolehkan, ijin bos juga lancar, jadi ya aku konfirm daftar 1 minggu sebelum pelatihan dimulai.
Aku percaya ini semua sudah diatur oleh Allah. Kalau Allah sudah setuju, maka akan dibukakan jalannya pada saat yang tepat.





0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review