Monday, February 17, 2014

Rute Belajar Alami dan Hubungannya dengan Preschool Ayra

Tentang Rute Belajar Alami:

(1)rute-belajar-alami adalah aktivitas yang secara alami digunakan oleh setiap orang saat ybs ingin/butuh mempelajari sesuatu.  
(2)rute-belajar-alami bisa dianalogikan dengan aktivitas makan, yang terdiri dari menyuap makanan, mengunyah & menelan bila sudah siap dicerna. 
(3)rute-belajar-alami perlu dimaknai sebagai satu rangkaian yang utuh-menyatu sehingga sebaiknya tidak dipahami secara parsial (bagian per bagian).  
(4)rute-belajar-alami jadi nampak menyesatkan bila dipahami secara parsial karena secara faktual bisa terlihat tidak stabil atau bahkan keliru. 
(5)rute-belajar-alami bukan rute satu2nya spy ybs bisa belajar, tp itu adalah rute yang akan membuat proses belajar jadi terasa lebih nyaman.  
(6)rute-belajar-alami perlu dipahami ortu/guru yang berperan sebagai pengelola aktivitas belajar anak supaya tujuan belajar lebih cepat tercapai. 
(7)rute-belajar-alami yg belum/gagal dipahami membuat proses belajarnya lambat karena si pembelajar akan kesulitan memahami bahan ajarnya. 
(8)rute-belajar-alami bisa dipelajari secara otodidak dengan cara bergaul lahir-batin sehingga ortu/guru dapat mengenali pola perilaku si pembelajar.  
(9)rute-belajar-alami bisa dipahami lewat bantuan tenaga ahli yang memang belajar ttg ilmu perilaku dan sudah terbiasa mengenali dinamikanya. 

Baru baca ini beberapa hari yang lalu, dan jadi teringat dengan rute belajar alaminya Ayra (yg sudah "dibaca" oleh om Ge sejak Ayra umur 1 tahun). Rute belajar alaminya Ayra adalah berpikir-melihat-melakukan, yang semakin ke sini semakin aku menyadari kebenarannya. Ayra seringkali memang berpikir dulu sebelum melakukan sesuatu. Melihat tindakan yang ingin diperbuat, kalau dia tertarik dan buat dia masuk akal, dia akan melakukannya.

Hubungannya dengan rencana preschool Ayra?
Aku rasa nggak ada masalah. Karena kegiatan di Al Azhar menurutku selalu diberi pengertian terlebih dahulu, kemudian ditunjukkan caranya/bendanya, baru mengajak anak untuk melakukannya juga.
Mari kita lihat prakteknya nanti mulai bulan Juli :D

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review