Update Axel (5m)

Sudah 1 bulan sejak aku posting terakhir tentang Axel. Sejak usia 4,5 bulan, dengan berbagai pertimbangan yang aku tulis di sini, akhirnya aku memberikan Axel sufor yaitu selama 16 hari. Karena memang waktu itu "cuma" sempat ke IBCLC aja, dan beliaunya nggak kasih merk apapun, jadilah aku berbekal basmallah memilih merk sufor di supermarket.
Selama 16 hari itu aku pantau terus reaksi Axel. Pemberian sufornya secara bertahap: 30cc, 60cc, 90cc, 120cc. Tapi sampai di 120cc, Axel mulai kesulitan BAB. Jadi selalu aku turunkan lagi di 90cc. Itupun tidak selalu habis 90cc per hari karena masih aku mix dengan ASIP dan aku juga nggak setiap hari meninggalkan Axel.

Berat? Tentu saja! Apalagi dengan keberhasilanku memberikan ASI eksklusif pada Ayra, yang notabene adalah anak pertamaku. Tapi aku selalu menganggap sufor ini adalah obat yang memang harus dikonsumsi Axel terkait kondisinya secara medis.

Setelah 16 hari, aku pantau tidak ada perubahan BB yang signifikan, akhirnya aku hentikan pemberian sufor ini.

Pada tanggal 12 Mei 2015, Axel menjalani echo yang kedua dengan dr. Mahrus. Hasilnya menggembirakan! VSDnya mengecil menjadi 2,3mm, yang sebelumnya sebesar 3mm. Beliau nggak kasih komen apa2 seperti biasa, cuma diminta observasi lagi seperti biasa dan echo lagi 3 bulan lagi.

Tadi pagi aku ke dr. Hartoyo untuk imunisasi Axel. Ditimbang di rumah, BB naik 100gr, ditimbang di dr. Hartoyo tetap dan ditimbang di ruangan dr. Mahrus naik 200gr. FYI, aku punya 3 growth chart khusus Weight for Age karena alasan ini :D
Melihat BBnya, dr. Hartoyo menanyakan apa yang dikonsumsi Axel selama ini. Aku sudah bilang kalau sudah pernah aku mix sufor dan hasilnya nggak ada penambahan BB. dr. Hartoyo langsung bilang jangan pakai sufor yang dijual di supermaket2. Jadilah aku diberi resep sufor khusus (food for special medical purpose).
dr. Hartoyo juga bilang kalau tidak mau tambah sufor, Axel bisa mulai diberi MPASI.

But I think, I'll try formula first. Let's see how it works :)

Update 17 Juni 2015

Setelah pemberian sufor khusus yang harganya mahal amiirr (33.500/botol dan 1 botol cuma 100cc) selama 10 hari dan tidak ada kenaikan BB sama sekali, aku kembali ke dr. Hartoyo. Memang 1 minggu terakhir, aku, Ayra dan Axel flu semua. Itu bisa juga jadi penyebab BBnya nggak naik2.

Akhirnya aku memantapkan diri untuk mengambil opsi terakhir yaitu MPASI. Jadi tepat usia 6 bulan kurang 10 hari, Axel mulai mencoba MPASI pertamanya yaitu bubur saring nasi.
Semoga ada hasil yang positif..amiinn...



Post a Comment

Designed by FlexyCreatives