Friday, June 16, 2017

Alhamdulillah.....IBCLC!

Alhamdulillahirabbilalamin...
Tepat tanggal 20 Ramadhan 1438 H atau 15 Juni 2017, saya mendapat kabar bahwa saya lulus ujian IBCLC.
Dengan demikian, saya berhak menggunakan gelar IBCLC di belakang nama saya. Tapi ini bukan sekadar gelar, ada tanggung jawab besar yang menyertainya.

Untuk mendapatkan gelar ini, kandidat harus lulus ujian internasional yang diadakan oleh IBLCE. Syarat untuk menjadi kandidat ada di https://iblce.org/certify/eligibility-criteria/

Saya mendaftar sejak April 2016 untuk ujian di bulan Oktober 2016, waktu itu ujian paper-based dan lokasi hanya ada di Jakarta. Perjuangan ke Jakarta membawa Axel dan seorang ART. Belum lagi belajar dan lain2nya. Bulan Desember 2016, pengumuman datang, dan saya dinyatakan: Tidak Lulus!

Setelah tidak lulus, kandidat mempunyai kesempatan ujian lagi 2x lagi. Jadwal ujian selanjutnya di bulan April 2017, computer-based, bahasa Inggris dan lokasi di Surabaya. FYI, kalau computer-based memang bisa di banyak kota, bukan hanya Jakarta saja seperti paper-based.
Agak ragu untuk maju yang April karena pakai bahasa Inggris. Tapi saya ikhtiar tetap maju dengan pertimbangan semua textbook yang dipakai belajar juga bahasa Inggris.

Dan alhamdulillah saya dinyatakan LULUS pada ujian kedua ini setelah menunggu hampir dua bulan.


MasyaAllah saya langsung nangis waktu baca pengumumannya....
Semakin saya banyak membaca textbook, semakin saya sadar memang pengetahuan saya masih kurang. Dan ilmu ini akan terus berkembang.
Banyak IBCLC lain di luar sana yang sudah berpuluh2 tahun berkiprah. Saya masih bayi dalam hal ini.
Alhamdulillah...semoga saya bisa memberi manfaat lebih untuk orang lain...

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review