Thursday, September 21, 2017

Tentang Waktu

Waktu merupakan suatu benda yang tidak tampak tapi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Seringkali kita mendengar kata "waktu" digunakan dalam quotes atau peribahasa, bahkan dalam AlQuran pun ada satu surat khusus yang membahas tentang waktu.

"Time will heal"
"Only time will answer"
"Days are long, but years are short"
Adalah beberapa contoh quotes tentang waktu.

Dulu, tepatnya sebelum saya mempunyai anak, rasanya waktu bukanlah sesuatu yang spesial. Dan bagi saya quotes2 di atas tidak bermakna.
Sekarang quotes tersebut benar2 bisa saya pahami, dan baru sekarang terasa bahwa waktu benar2 berharga.

Semua manusia diberi waktu 24 jam dalam sehari. Namun kenapa ada manusia yang sukses di dunia, tapi ada juga yang kurang beruntung atau malah sial di dunia? Kenapa ada manusia yang juga beruntung di akhirat tapi ada juga yang merugi di akhirat?

Di sinilah perlunya menetapkan prioritas. Memilih kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, di dunia dan memberikan pahala untul bekal di akhirat. 
Sebelum mempunyai anak, saya terbiasa mengerjakan semuanya secara ideal. Saya mempunyai jadwal yang harus saya lakukan hari itu dan sudah ada target yang akan saya capai.
Setelah mempunyai anak, idealisme saya tentang waktu mulai tidak bisa ditepati. Saya stres awalnya, karena merasa tidak menghasilkan apa2 hari itu. Ujung2nya saya marah2 pada suami dan anak. Seiring berjalannya waktu, saya berusaha menetapkan prioritas dan menerima kenyataan bahwa saya tidak bisa idealis lagi. Saya mulai belajar menikmati waktu bersama anak2. Prioritas dan target tetap ada, namun saya lebih fleksibel dan lebih legawa kalau memang tidak bisa sempurna.

Seiring berjalannya waktu, saya pun sadar, kondisi nyaman sekarang, bukan tidak mungkin akan berubah lagi nantinya. Dan saya harus siap untuk belajar terus.

1 comments:

arhien gudesma said...

Siipp... Wahh,, kalau udah jadi irt itu gitu y mb, hasil kadang tak sesuai planning,, jadi pelajaran nih buat kami2 yg masih single Hehehe :D
Mampir ke blog ku jga Mb : https://gudesmaa.blogspot.co.id/2017/09/hijrah-adalah-istiqomah.html?m=0

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review