Sunday, October 8, 2017

Akreditasi Rumah Sakit

Akreditasi rumah sakit wajib dilaksanakan oleh rumah sakit di Indonesia. Hal ini ditetapkan pada Undang-Undang no. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Sebenarnya apa gunanya akreditasi RS sih?

  1. Untuk menjamin pelayanan yang terstandar, artinya semua pelayanan yang diberikan oleh RS tidak bisa asal-asalan. Pelayanan yang diberikan akan sama kualitasnya pada setiap waktu. Jadi tidak ada ceritanya lagi pelayanan buruk saat shift malam. Dan sebagainya.
  2. Untuk menjamin bahwa semua pasien mendapatkan hak yang sama tanpa mempedulikan status sosial, ekonomi, pendidikan, ras dan agama.
  3. Agar pengelolaan RS menjadi lebih terstruktur dan profesional. Berbeda jauh dengan pola pengelolaan RS tradisional, yang mana catatan medis bisa disimpan sembarangan, misalnya, sekarang semua yang dilakukan oleh RS harus tercatat.
Selain itu, RS tidak dapat memperpanjang ijin operasional-nya jika tidak melaksanakan akreditasi. Untuk saat ini, akreditasi RS di Indonesia hanya bisa dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Standar penilaian juga dapat dilihat oleh publik. Sehingga dapat diketahui bahwa RS bekerja keras untuk dapat memenuhi syarat kelulusan akreditasi.

Sumber bacaan bisa dilihat di: http://www.kars.or.id/

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review