Thursday, October 26, 2017

Bingung Puting

Pernah dengar istilah bingung puting atau nipple confusion? Bingung puting (selanjutnya disingkat bingput) merupakan istilah dimana bayi menolak menyusu langsung ke payudara ibu akibat dari penggunaan dot dan/atau empeng.
WHO tidak merekomendasikan penggunaan dot dan empeng jika ingin berhasil menyusui anaknya, ini tertulis pada 10 Steps to Successful Breastfeeding atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (10 LMKM). Kebijakan ini sudah diadopsi ke dalam peraturan di Indonesia, salah satunya pada PP no. 33 tahun 2012 tentang ASI Eksklusif.

Kenapa sih kok tidak boleh?
Karena cara menghisap dot berbeda jauh dengan menghisap payudara. Untuk menghisap payudara, mulut bayi harus melekat (latch on) dengan sempurna dan membutuhkan kerja dari banyak organ di kepala, seperti kerja lidah, bibir, lemak di pipi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk menghisap dot, bayi tidak butuh kerja keras. Sehingga kalau dilihat pada bayi yang sedang menyusu langsung, biasanya akan berkeringat di dahi.




Penggunaan dot akan membuat bayi tidak bisa latch on dengan efektif lagi. Selain bingput, dampak lainnya adalah penurunan produksi ASI. Kenapa demikian? Karena untuk memproduksi ASI, payudara membutuhkan rangsangan hisapan bayi.
Saat ada rangsangan hisapan bayi, otak ibu akan menerima sinyal dan memerintahkan hormon prolaktin untuk memproduksi ASI lagi sebanyak ASI yang dikeluarkan. Kalau latch on sudah tidak efektif, bayi tidak akan efektif mendapatkan ASI sebanyak yang di perlukan, dampaknya ASI yang keluar juga sedikit. Kalau ASI yang keluar sedikit, otak ibu akan merespon dengan produksi yang juga sedikit, sesuai jumlah ASI yang dikeluarkan.



Bagaimana dengan booster ASI?
Jadi, dalam proses menyusui ada dua hormon yang bekerja, satu hormon Prolaktin dan satunya adalah hormon Oksitosin. Cara kerja Prolaktin sudah saya jelaskan di atas. Sedangkan hormon Oksitosin ini berpengaruh pada kelancaran keluarnya ASI. Naaah...booster ASI ini mempengaruhi Oksitosin ini. Karena Oksitosin bekerja sesuai psikologi ibu. Kalau ibu senang, ASI akan lancar. Sebaliknya jika ibu stres, ASI akan macet. Jadi apa saja yang membuat ibu senang? Silakan saja makan atau minum apa saja (selama bayi tidak alergi yaaa...) atau melakukan kegiatan yang membuat ibu senang. Jadi booster ASI tidak melulu teh, cookies atau apapun yang dipromosikan di luar. Silakan saja mau makan atau minum apa saja yang disukai ibu.

0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review