Breastfeeding a 2 Years Old Boy

Hingga saat ini, saya masih menyusui Axel. Betapa bahagianya Axel setiap kali datang waktu tidur (karena dia pasti menyusu saat mau tidur). Axel saat ini usia 2y8m masih menyusu, sering orang ragu apa masih ada ASI yg keluar? Secara teori, setiap ada rangsangan hisapan di payudara, pasti akan produksi terus. Dan ini sudah dibuktikan oleh Axel. Krn usianya di tahap yg jahil, seringkali dia pamer ASI di dalam mulutnya ke orang2 di sekitarnya. Jadi setelah dihisap, hanya ditampung di mulut dan dia buka mulut utk dipamerkan ke papa, akung, mbak atau siapapun yg ada di dekatnya. Ini cuma kalau pas dia lagi jail aja sih πŸ˜„
Satu hal yg pasti, kedua anak saya tidak pernah sekalipun menggunakan dot, meski Axel pernah ditambah formula krn kondisi medisnya, pemberian formulanya pun tidak menggunakan dot.

Proses ini pun tidak lah mulus, karena Axel ada kelainan jantung, saat usia 5-7 bulan diberi formula tambahan, suami pernah memaksa untuk menggunakan dot. Jelas saya stres berat. Karena selain saya, tidak ada keluarga dekat saya yg paham benar risiko penggunaan dot. Jadilah saya nangis2 ke salah satu sahabat minbuks saya (yaitu Minli, semoga jadi amal jariyah yaa 😘). Saya benar2 siap kalau sampai harus "perang" dengan suami. 
Alhamdulillah saya berhasil menyelamatkan Axel dari pengaruh buruk dot dan suami tau saya keukeuh nggak mau pake dot πŸ˜„Tidak terbayang kalau sampai Axel bingput, padahal dia open heart surgery di usia 10bln. Menyusui Axel scr langsung sangat membantu recovery pasca operasi saat itu πŸ™πŸ» 
Postingan selanjutnya insyaAllah tentang risiko penggunaan dot yaaa
  1. Semangat menyusui bunda, semangat pejuang ASI. Btw, tulisannya sebaiknya jangan disingkat bunda. Contoh : scr, ditulis lengkap secara. Saya sendiri kalo di status FB berusaha mengurangi singkatan, hehehe.Just share ya, saya juga masih belajar. Salam hangat bunda.. ☺πŸ™

    ReplyDelete

Designed by FlexyCreatives