Friday, October 13, 2017

Growth Chart: How to Know if My Baby Grows Well

Seringkali kita bertanya-tanya, anak kita ini sudah tumbuh normal dan sesuai dengan usianya tidak ya? Sebagai orangtua tentu kita wajar menanyakan hal ini. Yang terjadi kebanyakan para ibu biasanya membanding-bandingkan dengan anak lain, baik anak temannya, anak tetangga dan lain-lain yang usianya sepantaran. Hal ini tentu tidak tepat. Apalagi biasanya membandingkannya hanya secara kasat mata, alias sekadar penampakan sekilas saja.

Lalu bagaimana cara mengetahui yang benar?
Badan kesehatan dunia (WHO) telah menciptakan alat indikator yang dapat membantu menunjukkan sehat tidaknya pertumbuhan anak kita, disebut Growth Chart. Download grafik lengkapnya di website resmi WHO http://www.who.int/childgrowth/standards/en/
Jangan lupa pilih jenis kelamin anak, laki-laki berwarna biru, perempuan berwarna pink.
Indikator wajib bayi adalah berat badan (BB), tinggi badan (TB) dan lingkar kepala (LK). Ketiga indikator ini wajib diukur setiap bulan yaa...jadi saat posyandu atau imunisasi ke dokter, jangan lupa minta diukur tiga indikator ini, bukan hanya berat badan saja.

Cara pengisiannya sebagai berikut:
  1. Ukur BB, TB dan LK setiap bulan
  2. Masukkan angka pengukuran pada grafik yang tepat
  3. Baca sisi kiri dan sisi bawah
  4. Letakkan pada usia dan angka yang tepat
Setelah mengisi, kita harus bisa menginterpretasikan maknanya. Pertumbuhan yang normal adalah bila bayi tumbuh mengikuti grafik sejak lahirnya. Contoh bayi dengan berat lahir 2,5kg pasti akan mempunyai grafik yang berbeda dengan bayi dengan berat lahir 3,6kg. Jadi tidaklah tepat jika membanding-bandingkan bayi kita dengan bayi lain. Karena garis startnya saja bisa berbeda.



Berikut ini contoh growth chartnya yaa..




0 comments:

Post a Comment

 

Andin Talks Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review