Indikator Kecukupan ASI pada Bayi

Seringkali kita mendengar kekhawatiran para ibu, terutama ibu yang baru mempunyai anak pertama, mengenai cukup tidaknya ASI yang dikonsumsi anaknya. Ini hal yang wajar saja, apalagi kalau menyusui langsung, memang tidak terlihat sudah berapa ml yang diminum anak kita.

Namun jangan khawatir lagi, dengan pengetahuan yang cukup, kita bisa menentukan cukup tidaknya ASI yang dikonsumsi anak kita. Bagaimana caranya?

Ada dua indikator, yaitu:
  1. Cek frekuensi BAK/pipis bayi. Untuk bayi usia 1 hari, minimal BAK 1x. Usia 2 hari, minimal 2x, dan seterusnya sampai usia 6 hari minimal 6x sampai bayi usia 6 bulan (selama bayi ASI ekslusif alias tidak ada tambahan asupan lainnya).
  2. Bayi wajib BAB setiap hari sampai usia 28 hari. Terutama untuk hari awal, mekonium (feces awal yang berwarna hitam) wajib keluar.
Jika dua indikator tersebut tidak terpenuhi, terutama di hari awal kelahiran, segera hubungi dokter yaa...

Selain dua indikator di atas, kita juga bisa memantau melalui growth chart. Yang wajib diukur adalah berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala. Penjelasan lengkap tentang growth chart akan saya tulis di postingan selanjutnya yaa..

Post a Comment

Designed by FlexyCreatives