Menyapih dengan Cinta

Seringkali saya mendapat keluhan bahwa anaknya susah disapih. (Katanya) sudah berbagai cara dilakukan, tapi masih belum berhasil menyapih anaknya. Beberapa ibu malah panik karena usia anaknya sudah dua tahun atau lebih. Belum lagi ditambah mitos2 menyeramkan, salah satunya ASI sudah menjadi racun kalau anak masih disusui lebih dari dua tahun.

Menyapih merupakan proses menghentikan menyusui anak. Dalam ilmu laktasi dan juga rekomendasi WHO, tidak ada batas maksimal usia menyusui anak. Menurut penelitian WHO, rata-rata anak di dunia disapih pada usia 3-5 tahun. Tidak ada dampak negatif dari menyusui yang panjang ini. Tidak benar jika dikatakan anak akan menjadi manja. Silakan cari penelitiannya kalau tidak percaya 😊 justru ASI akan terus memberikan manfaat positif pada anak, salah satunya adalah manfaat adanya zat anti infeksi yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.




Lalu bagaimana cara menyapih yang benar?
Kami selalu merekomendasikan prinsip do not offer, do not refuse. Jangan menawarkan (anak untuk menyusu), tapi jangan menolak (jika anak minta menyusu). Dengan prinsip ini, proses menyusui akan berkurang secara bertahap. Ini juga akan menghindarkan ibu dari payudara bengkak akibat menyapih.



Menghentikan menyusui juga sebaiknya tidak menggunakan cara membohongi anak, misalnya bilang kalau payudara sakit (nanti kalau sakit beneran gimana hayoo?), mengolesi lipstik supaya terlihat seperti berdarah, mengolesi jamu pahit-pahitan, dan sebagainya. Kita memulai menyusui anak saat lahir dengan penuh cinta, masa kita mengakhirinya dengan kebohongan? Dengan paksaan?

Anak yang disusui oleh ibunya mayoritas akan menganggap payudara ibunya adalah sesuatu yang sangat berharga. Karena sejak dia lahir, hanya itu yang menjadi sumber kehidupannya. Jangan cabut hal berharga dan kesayangannya secara paksa yaa...

Start with love, end it with love also...
Weaning with love 😊
  1. kalo dulu waktu kecil mulut aku langsung di kasih balsem hahaha biar panas dan kapok..

    ReplyDelete

Designed by FlexyCreatives