Being More Healthy is a Must!

Siapa sih yang tidak mau sehat? Meski seringkali kita menyepelekan anugerah yang bernama kesehatan, tapi semua orang pasti mau sehat. Untuk yang terlahir sehat dan sempurna, selama masa anak dan remaja juga tumbuh sehat, biasanya menyepelekan hal ini.

Alhamdulillah saya juga terlahir sehat, namun saat SD saya ketahuan skoliosis (kelainan tulang belakang dengan bentuk C atau S). Kelainan ini bukan bawaan lahir, namun karena postur tubuh yang jelek. Saat SD sebenarnya masih 10 derajat dan disuruh dokter untuk menggunakan brace selama 23jam/hari setiap hari. Tapi karena masih kecil dan tidak tahu konsekuensinya, akhirnya saya malas menggunakannya. Selain itu, dokter juga menyarankan untuk olahraga supaya tidak semakin parah. Olahraga yang disarankan antara lain renang, berkuda dan bersepeda. Intinya olahraga high impact sudah tidak disarankan lagi. Namun karena saat itu saya belum bisa renang dan bersepeda, dan lagi berkuda juga entah dimana, maka saya juga tidak olahraga. Alhasil sekarang skoliosis saya 30 derajat.

Saat SMA saya baru les renang. Sejak saat itu saya mulai suka renang. Namun ada hambatan lagi yaitu untuk renang pasti harus ke kolam renang (ya iyalah ya ๐Ÿ˜†) serta yang paling penting adalah harus mengeringkan rambut setelah renang karena saya berjilbab. Alhasil saya juga jarang renang, biasanya 1-2 minggu sekali.

Kemudian saya tertarik dengan yoga, yang termasuk olahraga low impact sehingga aman untuk tulang belakang saya. Sejak pertengahan tahun 2015, saya gabung ke salah satu studio yoga. Biasanya kelas yoga berdurasi 1 jam sehingga saya yoga pada saat menunggu anak sekolah.

Sumber: http://www.luluelhasbu.com/2015/01/happy-soya-oil-for-happy-friends.html

Sumber:http://petiteyogilateschic-blog.tumblr.com/aboutnura


Dalam dua tahun ini memang pernah malas juga, tapi saya merasakan badan saya jadi lebih fit, tidak mudah sakit dan tidak mudah capek (apalagi buat ibu2 beranak dua dengan usia 30an ๐Ÿ˜†).
Jadii...resolusi sehat saya di tahun 2018 adalah yoga di studio minimal 1x per minggu dan di rumah setiap hari minimal 30 menit. Mengingat saya akan hijrah ke Canberra pada Maret 2018 insyaAllah maka kemungkinan besar tidak bisa yoga di studio lagi. Jadi harus lebih rajin yoga sendiri di rumah. Doakan yaa... bismillaaah ๐Ÿ˜Š

Sementara itu, banyak sekali manfaat yoga untuk kesehatan tubuh dan jiwa, antara lain:
  • Mengurangi stresPada dasarnya hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang yang sedang dalam keadaan depresi, begitu juga dengan yoga. Sebagian studi menunjukkan bahwa dengan melakukan yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta meningkatkan mood maupun kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Bahkan, manfaat yoga juga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami schizophrenia dan gangguan tidur.
  • Meningkatkan kebugaranTidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat yoga lainnya untuk tubuh Anda adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, meningkatkan keseimbangan tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.
  • Membantu mengatasi masalah kesehatan
    Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Karena yoga dapat membantu tubuh Anda untuk mengurangi risikonya. Yoga juga dapat meringankan gejala nyeri, gangguan cemas, insomnia, dan depresi.
  • Sakit punggungBagi Anda yang mengalami sakit punggung, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Bahkan, jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Salah satu penyebabnya, karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.
  • Meringankan efek setelah mabukMungkin tidak terpikirkan sebelumnya oleh Anda untuk melakukan yoga, setelah malamnya minum minuman beralkohol hingga mabuk. Tapi jangan salah, ternyata melakukan yoga dapat membantu dalam meringankan efek pengar (hangover) pada pagi harinya karena gerakan yoga dipercaya dapat mendetoksifikasi (menetralkan) sistem tubuh kita. Beberapa gerakan yoga, seperti ‘plow’, atau ‘shoulder stand’ dapat meningkatkan sistem metabolisme dan melatih kelenjar tiroid. Selain itu, dengan melakukan gerakan yoga, darah yang mengalir ke otak menjadi lebih banyak, sehingga meningkatkan keseimbangan tubuh bahkan mungkin mengusir selulit Anda!
  • Mengurangi masalah asma 
    Asma yang kambuh dapat sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Guna mengatasinya, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma dewasa ringan hingga sedang menunjukkan, beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan seperti Pranayamadapat membantu meringankan gejala asma.
Selain beberapa manfaat yoga di atas, manfaat utama yang tentunya dicari banyak orang adalah terbakarnya lemak dalam tubuh (sumber: http://www.alodokter.com/maksimalkan-manfaat-yoga-untuk-kesehatan-jiwa-dan-raga)

#onedayonepost
#nonfiksi
#resolusi2018
  1. Wah ... Semangatnya boleh nih mbak Andin. Apalagi mau belajar yoga sendiri. Boleh dong ditularin ilmunya hehe

    ReplyDelete
  2. Kayanya olahraga yoga asik juga yaa. Ajarin dong, Mba Andin ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  3. Kemaren saya baru bahas soal yoga dan erobik. Kyaknya asik buat senaman gitu

    ReplyDelete
  4. Semoga tetap semangat demi kesembuhan penyakitnya ya..

    ReplyDelete
  5. aamiin,
    smga terus konsisten latihan yoganya mb Andin.

    ReplyDelete
  6. Semangat mbak Andin. Mau tutorial yoga yang bisa diterapin di rumah dong mbak

    ReplyDelete
  7. Hmmmm aku juga ingin berlatih yoga.... semoga...semangat mbak Andin..

    ReplyDelete
  8. Dua olah badan yang ingiiin sekali saya dalami, berenang dan yoga, semoga ada peluang untuk mempelajarinya satu hari nanti..

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak sekali manfaat dari yoga, terima kasih atas informasinya, jadi kepingin coba,

    ReplyDelete
  10. Yoga memang olahraga yg mengasyikan, saya juga suka yoga tapi sekarang tidak pernah lagi. Semoga bisa mulai beryoga lagi biar sehat

    ReplyDelete
  11. Kalau mandiri bisa gak ya mbak yoga-nya (di sini gak tahu nih musti dimana)

    ReplyDelete

Designed by FlexyCreatives