Naik Kereta Api...tut tut tut!

Oke jujur saja, tugas ODOP kali ini tentang review transportasi umum membuat saya pusing. Karena di Surabaya terakhir kali saya menggunakan angkutan umum adalah saat saya SMP, sekitar tahun 1997-1998. Waktu itu rumah saya lumayan di Surabaya pusat sehingga banyak angkutan umum berbagai jurusan. Tapi rasanya tidak valid kalau saya review tentang angkutan umum sekarang karena saya tidak tahu apa-apa.

Alat transportasi umum yang paling sering saya gunakan sepertinya adalah pesawat karena saya jarang keluar kota. Namun kalau saya review pesawat, tentu pesawat dan pelayanan setiap maskapai akan berbeda. Jadii saya akan pilih untuk review kereta api saja 😊

Sebenarnya dulu saya sering menggunakan kereta api saat masih ada kakek nenek di Malang. Kemudian entah kenapa belakangan, orang tua lebih memilih menggunakan mobil pribadi saat ke Malang. Namun sejak kakek meninggal pada 2002 dan nenek dibawa pindah ke Surabaya sekitar tahun 2004, kami semakin jarang ke Malang lagi.

Yang teringat pengalaman masa kecil menggunakan kereta api adalah kursinya tidak selalu dapat yang nyaman kecuali kita pilih kelas eksekutif. Yang paling saya sukai dulu adalah bisa pesan kopi susu dan nasi gorengnya yang khas. Kopi susunya tidak saya jumpai di tempat lain.

Setelah bertahun-tahun tidak menggunakan kereta api lagi, awal tahun 2017, saya dan suami mengajak anak-anak naik kereta api untuk pertama kalinya dengan tujuan Banyuwangi. Kami memilih kelas eksekutif. 

Ternyata pelayanan PT. KAI mulai membaik. Jadwal keberangkatan tepat waktu, tidak boleh ada penumpang yang naik tanpa beli tiket, beli tiket juga bisa online. Kebersihan di dalam gerbong juga dijaga. 

Sayangnya niiih....sudah tidak ada lagi kopi susu khas kereta api. Plus nasi goreng yang dijual di kereta api sekarang adalah model siap saji seperti di pesawat. Jadi rasanya kurang enak. Meskipun di kotaknya ada logo salah satu restoran terkenal di Surabaya.

Pengalaman naik kereta api cukup mengesankan untuk anak-anak. Mereka bisa lari-larian sepanjang perjalanan. Meski mereka bolak balik bertanya kapan sampainya. 
Untuk perjalanan luar kota selanjutnya, sepertinya saya masih tetap akan memilih pesawat dengan alasan efisiensi waktu. 

Harapan saya, di Surabaya akan ada sarana transportasi publik yang terjangkau, nyaman dan aman untuk semuanya seperti yang sudah ada di Singapura. Semoga bisa terwujud dalam waktu dekat.

#ODOPBatch4



  1. Naik kereta gujes..gujes...gujes. Yeeay nanti tanggal 21saya juga mau naik kereta..hehehe
    Mau ikut mbak Andini?

    ReplyDelete
  2. Naik kereta gujes..gujes...gujes. Yeeay nanti tanggal 21saya juga mau naik kereta..hehehe
    Mau ikut mbak Andini?

    ReplyDelete
  3. Sebelum keluar negeri naik kereta apinya Indonesia dulu mbak andin. Hehe..

    ReplyDelete
  4. Naik KRL di jakarta saat jam pulang kerja mba andin. Pasti bakal dapet banyak inspirasi 😆

    ReplyDelete
  5. Naik KRL di jakarta saat jam pulang kerja mba andin. Pasti bakal dapet banyak inspirasi 😆

    ReplyDelete
  6. Aku sudah lama nggak naik kereta api. Seringnya naik bis atau kendaraan pribadi. Jadi kangen juga naik kereta api ^^

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah naik kereta api. Kalau kemana2 naik bis. Nasib di kota tak ada kereta api. Hehe

    ReplyDelete
  8. Saya pertama naik kereta api dari Jakarta ke Surabaya, sekitar 90-an. Anak daerah yang ngak ada kereta api di daerahnya, naik kereta api pertama kali. Rasanya ajaib sekali, goyang-goyang, dan saat itu saya menikmati sekali perjalanannya.

    ReplyDelete
  9. Wah... Terakhir saya naik KA waktu anak usia 6 bulan. Jadi pengen deh naik lagi

    ReplyDelete
  10. Aku seringnya naik KRL waktu di Jakarta. Sekarang kangen pengen naik kereta lagi.

    ReplyDelete
  11. Saya sering pake moda transportasi kereta kalo ke Malang. Karena sering kena macet kalo pake mobil pribadi. Hanya sayangnya sering kehabisan tiket karena ini trayek favorit.

    ReplyDelete
  12. Saya sering pake moda transportasi kereta kalo ke Malang. Soalnya kalo pake mobil pribadi suka kena macet. Sayangnya sering kehabisan tiket karena ini trayek favorit

    ReplyDelete
  13. Saya suka bgt naik kreta api. Seru...

    ReplyDelete

Designed by FlexyCreatives